Himakom Gelar Abacus dengan Dana Iuran

“ Ya  kan dana kemahasiswaan dari dekanat untuk Himakom belum ada, jadi kalau buat kegiatan dananya dari iuran panitia dan peserta,” ujar Mu...


Ya  kan dana kemahasiswaan dari dekanat untuk Himakom belum ada, jadi kalau buat kegiatan dananya dari iuran panitia dan peserta,” ujar Muhammad Chairuddin selaku Ketua Umum Himakom.

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (Himakom) kembali mengadakan kegiatan untuk mahasiswa baru. Kegiatan yang bernama Abacus (Angkatan Baru Computer Science) ini mengusung  tema “Meningkatkan Kualitas Mental, Kerja Sama, dan Intelektual Bersama.

Acara yang dilaksanakan 13-14 September ini terdiri dari kegiatan indoordan outdoor. Saat indoor, ada dua materi yang disampaikan yaitu tentang ManajemenWaktu oleh Anggar Bagus Kurniawan, mahasiswa ilkom 2008. Materi kedua terkait hypnoteraphydisampaikan oleh Ahmad Khairudin Syam, mahasiswa ilkom 2010.

Sedangkan saat outdoor yang dilaksanakan di Pantai Mutun, rangkaian acara yang digelar berupa games dan field trip. Abacus ditujukan bagi mahasiswa baru jurusan ilmu komputer sebagai langkah awal untuk menjadi kader muda Himakom (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer).

Selain meng-upgrade dan melatih tata krama, dari materi yang diberikan harapannya mereka bisa mengubah kebiasaan ketika SMA mengenai waktu dan tentang hypnoterapy,” ujar ketua pelaksana, Rahmat Widodo.
Menurut Rahmat, Himakom sebagai jurusan baru di FMIPA mempunyai referensi kegiatan yang masih kurang, jadi dalam rangkaian kegiatan yang diadakan selama ini masih dalam tahap belajar dengan melihat kepada LK atau UKM lain.

Seperti anak kecil yang ingin belajar berjalan, ia pasti melihat cara orang lain berjalan dulu. Begitu juga kami yang sedang belajar dengan melihat himpunan mahasiswa atau UKM lain,” jelas mahasiswa 2011 ini.

Menurut Ketua Himakom, banyak kendala yang dihadapi selama pelaksanaan. Kendala utama dari semua kegiatan yang baru-baru ini dilaksanakan adalah pendanaan dan minat mahasiswa baru sendiri. Hal ini dibuktikan dengan melihat jumlah peserta yang hadir dalam acara, hanya 48 mahasiswa dari 145 mahasiswa Ilmu Komputer dan Manajemen Informatika.

Menanggapi kurangnya peserta yang hadir, udin mengungkapkan bahwa dalam acara yang diselenggarakan Himakom sebelumnya sempat diambil alih oleh alumni yang notabene-nya bukan panitia. "Inginnya sih banyak peserta, tapi kalau memang adanya segitu, ya di maksimalkan. Lagipula dari pihak fakultas melarang kalau acara yang melibatkan mahasiswa baru nggak boleh ada paksaan, tutur mahasiswa yang akrab disapa Udin ini.

Udin juga berharap bahwa nantinya setiap agenda yang diadakan oleh Himakom, mahasiswa baru bisa ikut serta di dalamnya, baik sebagai peserta maupun sebagaipanitia. (Asti)

Related

Berita Kampus 480565638707783909

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item