Kurangnya Minat Mahasiswa FMIPA pada PKM

Lulusan sebuah perguruan tinggi dituntut untuk memiliki Pengetahuan Akademik, kemampuan berfikir, Kepampuan me-manage sesuatu, dan kemampuan...


Lulusan sebuah perguruan tinggi dituntut untuk memiliki Pengetahuan Akademik, kemampuan berfikir, Kepampuan me-manage sesuatu, dan kemampuan untuk berkomunikasi. Kekurangan atas salah satu dari ke empat keterampilan tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Hal ini lah yang melatar belakangi Pemerintah untuk mengadakan sebuah program yang dinamakan Program Kegiatan Mahasiswa (PKM). Pada program yang dikoordinasikan oleh Dikti ini menawarkan beberapa jenis penawaran, seperti PKM Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I) serta masih banyak penawaran lainnya.

Pada tahun ini Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) sendiri mengalami penurunan pada jumlah peserta yakni sekitar 6 orang yang mengikuti Program Bergengsi ini.

“Tahun ini FMIPA hanya mendaftarkan 5 sampai 6 orang pendaftar saja, jumlah ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Drs. Tugiyono M.Si, Ph.D selaku pembantu dekan III FMIPA Unila Saat ditemui di ruangannya, Rabu (21/11).

Menurutnya, penurunan jumlah ini diduga akibat banyaknya mahasiswa FMIPA yang sedang mengalami kesibukan baik pada bidang akademik maupun non akademik, seperti kesibukan praktikum maupun organisasi kampus. Ini cukup memprihatinkan, dikarenakan melihat hadiah yang cukup menarik sudah disediakan oleh pemerintah yakni Rp 3.000.000, didanai penelitiannya, dan diikut sertakan pada PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional).

Saat ditanyai tentang persiapan mengikuti program ini, Mahasiswi Jurusan Fisika Angkatan 2009, Meli Sapaan akrabnya mengatakan. “Memperbanyak Literatur saja untuk persiapan proposalnya, biar lebih paham dan lebih mengerti sama materinya,” tuturnya. Meli merupakan salah satu peserta PKM dari FMIPA yang mengikuti PKM jenis Penelitian.

Washinton Simanjuntak, Ph. D selaku pembimbing PKM Nasional memberikan beberapa tips untuk para mahasiswa untuk meningkatkan kreativitasnya agar bisa mengikuti program ini pada tahun selanjutnya. “Saya sarankan kepada mahasiswa khususnya mahasiswa baru, yang sudah berkeinginan seperti itu seringlah membaca di website dikti mengenai PKM ini. Kemudian sering bertanya kepada kakak tingkatnya. Lalu jangan menunda-nunda hingga semester akhir, “ ujar salah satu dosen kimia ini. (Khairil/Anisa/Puput/ Niken)

Related

Berita Kampus 2706873919813591236

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item