Kurikulum Baru FMIPA

Kurikulum merupakan suatu metode yang digunakan oleh jurusan untuk meningkatkan akreditasi jurusan . P erubahan kurikulum biasanya dilakukan...


Kurikulum merupakan suatu metode yang digunakan oleh jurusan untuk meningkatkan akreditasi jurusan. Perubahan kurikulum biasanya dilakukan pada periode tertentu yang bertujuan untuk memperbaiki kurikulum yang telah ada.

Di Fakultas MIPA sendiri tahun 2012 ini merupakan tahun perubahan kurikulum baru. Semua jurusan mengalami perubahan, baik dari kode mata kuliah baru, penambahan maupun pengurangan Sistem Kredit Semester (SKS).

Yang membedakan kurikulum 2012 dengan kurikulum lama adalah disatukannya mata kuliah kimia dasar, biologi umum dan fisika dasar dalam satu kopel menjadi Sains Dasar. Sains Dasar memiliki SKS yang berbeda-beda di tiap jurusan ,tergantung dengan bidang ilmu yang ditekuninya. Seperti di jurusan Ilmu Komputer (Ilkom), sains dasar tidak terlalu digunakan dalam bidang ilmunya karena sebagian besar bidang ilmu Ilkom menggunakan komputer sebagai sarana belajar mengajarnya.

Ada beberapa mata kuliah yang ditiadakan karena dianggap kurang efektif untuk dijadikan sebagai mata kuliah di jurusan Ilkom, salah satunya pengantar sistem komputer. Mata kuliah ini dinilai sangat dasar dan dianggap telah dipelajari sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP ) atau bahkan sudah ada yang mempelajarinya sejak Sekolah Dasar (SD). Sedangkan mata kuliah metode penelitian bertambah 1 SKS menjadi 4 SKS.

Adapula mata kuliah yang SKS nya dipecah, dari mata kuliah yang sebelumnya  3 SKS teori dan praktek, sekarang terpisah menjadi 2 SKS teori dan 1 SKS praktek, keduanya mempunyai kopel yang berbeda.
“Dengan dipecahnya SKSdalam kopel  ini, diharapkan dapat memudahkan mahasiswa, apabila mereka tidak lulus pada mata kuliah tersebut maka yang diulang hanya 2 SKS atau 1 SKS saja,ujar Dwi Saketi selaku sekretaris jurusan.

Untuk perubahan kurikulum baru ini hanya digunakan untuk mahasiswa baru 2012 sampai periode berikutnya, sedangkan mahasiswa angkatan 2005-2011 masih menggunakan kurikulum 2005. (Arik)

Related

Berita Kampus 4405877432962597521

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item