MLBT, Generasi Berteori

“Sebaik apapun teori yang disampaikan jika tidak di terapkan  sama saja kita punya gelas cantik tapi tidak diisi air. tetapi jika kita berja...


“Sebaik apapun teori yang disampaikan jika tidak di terapkan  sama saja kita punya gelas cantik tapi tidak diisi air. tetapi jika kita berjalan saja tanpa ada teori," ujar Miftah Farid Artama selaku Ketua Umum Himatika.

Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) mengadakan MLBT (Mathematics Leadership Basic Training) yang merupakan latihan dasar kepemimpinan jurusan matematika. Kegiatan ini diperuntukan untuk mahasiswa baru dan pengurus pada Sabtu-Minggu (24-25/11) bertempat di gedung Matematika R1.

 MLBT yang mengusung tema “Dengan Semangat Organisasi Membangun Gematika yang Aktif Krisis Cerdas Berprestasi” bertujuan untuk memberikan pengarahan organisasi yang baik karena dalam acara ini akan dilatih bagaimana memanajemen organisasi, administrasi dan keuangan, analisis swot dan lain-lain. 

“Yang pasti memotivasi mahasiswa baru agar berorganisasi dengan baik dan karena salah satu tuntutan pengkaderan tentang kepemimpinan yang efektif," ujar Miftah saat di wawancarai di sekretariat Himatika (21/11).

Berbeda dengan tahun lalu, acara ini berkonsep full indoor. Konsep ini dipilih karena materi yang disampaikan terlalu banyak. Untuk kegiatan outdoor dirasa sudah cukup mengingat beberapa waktu lalu acara gematika dilaksanakan secara outdoor selama tiga hari.

Materi yang disampaikan tidak hanya tentang kepemimpinan dalam organisasi, namun juga tentang administrasi dan keuangan. Pemateri-pemateri yang di hadirkan antara lain; Tri Julian Muhar mengenai manajemen organisasi, Eko Primananda mengenai kepemimpinan efektif, Afdi Patria mengenai teknik administrasi dan keuangan, Mahfudz Hudori mengenai teknik sidang dan manajemen rapat, dan Istika mengenai analisis SWOT.

Terkait dengan pentingnya acara ini, mahasiswa semester 5 ini menjelaskan bahwa dari jurusan mengharuskan mahasiswa baru mengikuti latihan dasar kepemimpinan karena mahasiswa nantinya akan terjun langsung ke masyarakat dan dapat membentuk pola pikir mahasiswa baru untuk menjadi mahasiswa seutuhnya. Dan juga dilihat dari output yang dihasilkan akan sangat luar biasa.

Senada dengan yang dikatakan oleh Miftah, Joko Rudianto, selaku ketua pelaksana juga mengungkapkan bahwa MLBT merupakan acara yang diharuskan dari jurusan. “Harapannya semua gematika dapat hadir agar tidak mengulang seperti kakak tingkat diatasnya," tuturnya. (Asti/Dita/Dian/Haryati/Meri)







Related

Berita Kampus 5747937069658619684

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item