Pelatihan Jurnalistik Super Sekali

“Pokoknya rasanya super sekali; super ngantuk, super bete, pas sakit perut lagi. Ditambah memang saya gak suka nulis, jadi bosen. Tapi setel...


“Pokoknya rasanya super sekali; super ngantuk, super bete, pas sakit perut lagi. Ditambah memang saya gak suka nulis, jadi bosen. Tapi setelah praktik membuat berita, ternyata menulis itu menyenangkan,” ujar Putri, magang Natural angkatan ke-21.

Merekontruksikan sebuah peristiwa kedalam tulisan atau siaran, itulah menulis berita. Meski kalimat ini terlihat sederhana dengan definisinya, namun ternyata menulis berita itu bukanlah hal yang mudah. Wawancara narasumber, membuat draft pertanyaan, dan segala macam persiapan lainnya. Banyak aspek yang harus dilalui dan diperhatikan ketika ingin menulis berita.

Menurut Putri, awalnya Ia belum suka nulis, bingung karena gak bisa merangkai kata-kata, hanya suka baca novel. Tapi setelah pelatihan jurnalistik magang ini, mulai timbul perasaan suka, mulai mengerti cara menulis dan mulai menulis hal-hal kecil seperti puisi.

Mahasiswi Ilmu Komputer ini menuturkan bahwa Ia ingin seperti kakak-kakak di Natural, bisa nulis berita, jadi reporter, terus menulis buku. Ya, intinya berbagi ilmu. Lewat tulisan kita bisa menuangkan ide dan menyampaikan pendapat.

Natural, selaku Lembaga Pers Mahasiswa (Persma) yang ada diFMIPA berusaha memenuhi hal yang dibutuhkan para magang. Mulai dari Pelatihan Jurnalistik, photography sampai pelatihan desaign.
“Kami ingin mereka menjadi wartawan, reporter, atau penulis berita yang profesional. Natural ingin mengarahkan paradigma para magang tentang jurnalistik dengan mengadakan pelatihan jurnalistik dasar,” ujar Budiman Ruliansyah, ketua pelaksana Pelatihan Jurnalistik yang berambut gondrong hampir sepanjang bahu ini.

Natural ingin anggotanya menjadi seorang jurnalis sejati. Walau sadar, waktu sehari adalah waktu yang masih jauh dari cukup. Minggu, 30 September 2012, Pelatihan jurnalistik magang menjadi bekal awal untuk mereka belajar menjadi bagian dari Persma yang profesional. Dengan menghadirkan 2 pemateri yang berpengalaman di bidangnya, Hisna Caca Hayati, S.I.Kom (Redaktur Website Unila) dan Nelly Merina (Pimpinan Redaksi Teknokra) semoga bisa menjadi pupuk awal bagi para magang agar tumbuh subur ketika ingin terjun dan memahami dunia jurnalistik.

“Jurnalistik itu tentang tulis menulis, pers, reporter, dan lain-lain. Untuk kami para magang, penting sekali mengikuti pelatihan jurnalistik ini, agar kita mengerti cara penulisan yang baik dalam pembuatan berita, lalu berkarya dan membuat sesuatu yang spektakuler. Acaranya seru, asyik, walau agak sedikit jenuh di tengah acara,” ujar Isna, salah satu magang yang menyukai dunia jurnalistik sejak duduk di sekolah dasar. (Sigit/Rahmad/Syaili)

Related

Berita Kampus 3682686969098883291

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item