Sabar ROIS, Wahana Baru Mahasiswa FMIPA Unila

ROIS FMIPA Unila kembali menghadirkan suatu kegiatan yang bernilai positif dan sangat berguna bagi orang banyak. Kali ini ROIS membuat kegia...


ROIS FMIPA Unila kembali menghadirkan suatu kegiatan yang bernilai positif dan sangat berguna bagi orang banyak. Kali ini ROIS membuat kegiatan yang bertemakan pendidikan yaitu Sabar ROIS (Sahabat Belajar ROIS). Sabar ROIS merupakan sebuah pembinaan akademik yang diselenggarakan ROIS FMIPA Unila yang terdiri dari tutorial dan pembinaan oleh kakak asuh yang nanti akan membina adik tingkatnya secara personal.

Kegiatan yang memiliki konsep belajar terkait akademik ini ditujukan untuk mahasiswa FMIPA Unila angkatan 2012 yang nantinya akan dibina oleh kakak asuh dan tutor yang telah diseleksi berdasarkan kriteria nilai IPK, akademik, kemampuan, keaktifan di organisasi dan yang terpenting mempunyai kemauan untuk membina adik tingkatnya. Tutor terdiri dari masing-masing jurusan di FMIPA yang tergabung dalam ROIS, tetapi bisa juga dari luar yang kira-kira memenuhi persyaratan dan berkompeten. “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membina ukhuwah atau tali ikatan dan meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa,” ujar Fahad Almafakir selaku Ketua Biro Akademik ROIS.

Konsep belajar Sabar ROIS sedikit berbeda dengan belajar pada saat jam kuliah, pada kegiatan ini bisa lebih santai dan bisa mengulas kembali materi mata kuliah apabila ada yang kurang paham ketika perkuliahan sebelumnya. Selain itu, ada kegiatan rutin yaitu tutorial yang diadakan setiap hari Rabu dan dilaksanankan serentak.

Untuk menjadi anggota Sahabat Belajar ROIS hanya perlu mengisi formulir pendaftaran hingga batas waktu yang ditentukan. Pendaftaran diberi batas waktu dikarenakan untuk fiksasi pembagian kelompok. Akan tetapi, Sabar ROIS tidak menutup kemungkinan kepada mahasiswa 2012 untuk mendaftar lagi karena Sabar ROIS fleksibelmenerima anggota baru.

Setelah kegiatan yang kurang lebih akan berlangsung selama satu  kepengurusan ini berakhir, Sabar ROIS menargetkan tumbuhnya semangat berakademik kepada mahasiswa, akan tetapi tidak meninggalkan organisasi, jadi seimbang antara organisasi dan akademik.

“Kalau mau kenal banyak orang, IPK-nya bagus, masuk Sabar dulu. Setelah kenal Sabar, nanti tahu rasanya di ROIS itu bagaimana dan berorganisasi itu seperti apa? Satu lagi, ayo belajar tanpa meninggalkan organisasi dan tunjukkan bahwa MIPA itu unggul dalam segala hal,” jelas mahasiswa Fisika angkatan 2011 ini diakhirwawancara. (Sepria, Imas dan Rizki)

Related

Berita Kampus 5801532213888566483

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item