Siap Bersaing di Nasional

Para Pemenang OSN-Pertamina 2012 bersama Dekan, PD 3 dan Perwakilan Pertamina Indonesia butuh pemuda cerdas untuk memajukan teknologi negeri...


Para Pemenang OSN-Pertamina 2012 bersama Dekan, PD 3
dan Perwakilan Pertamina
Indonesia butuh pemuda cerdas untuk memajukan teknologi negeri. Oleh karena itu, Pertamina bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesiamenyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2012guna mencetak generasi berprestasi sebagai energi negeri. Seleksi final tingkat daerah yang dilaksanakan 8 Oktober lalu menghasilkan 3 terbaik di setiap bidang studi untuk kategori Theory, dan terbaik pertamakategori Science Project. Juara pertama Theory dan Science Project ini berkesempatan untuk mengikuti seleksi di tingkat nasional yang akan di selenggarakan di Universitas Indonesia.

Sebelum merebut gelar juara, peserta harus melewati beberapa tahap seleksi. Seleksi multiple choice kategori Theory menyisihkan 9 peserta di setiap bidang studi yang berkesempatan mengikuti babak semifinal. Dalam tahap ini, 9 peserta dari setiap bidang studi diwajibkanmengumpulkan makalah beserta slidepresentasi dengan memilih satu dari tiga tema yang disediakan panitia.

Sebelum mempresentasikan makalah, terlebih dahulu peserta diminta mengerjakan essay. Penilaian dari hasil essayini yang akan menentukan peserta menjadi 6 besar. Enam terbaik ini akan mempresentasikan  makalah yang telah dibuat sebelumnya di hadapan juri yang berasal dari Universitas Lampung. Meskipun begitu, soal dan jawaban semua berasal dari pusat. Dengan menggabungkan nilai essay dan nilai presentasi, ditentukanlah peringkat I, II, dan III yang masing-masing mendapat beasiswa senilai Rp 6,5 juta, Rp 4,5 juta, dan Rp 2,5 juta.

Tiga tim dari Universitas Lampung berhasil masuk 4 besar dalam kategori Science Project. Mereka berdampingan dengan satu tim dari Bangka Belitung untuk melakukan seleksi final menggunakan media Teleconference. Penyeleksian dilakukan di masing-masing universitas, dan di Universitas Lampung sendiri Teleconference dilakukan di gedung Pusat Komputer (08/10). Tim diminta mempresentasikan makalah yang telah dibuat di hadapan juri pusat via Teleconference. Tahun ini Lampung belum bisa mengirimkan mahasiswanya untuk bersaing di kancah nasional, karena yang terpilih menjadi tim terbaik pertama adalah Bangka Belitung.

“Alhamdulillah, meski tim kami belum berhasil lolos seleksi untuk go nasional, tapi kami mendapat banyak kupon yang menjadikan poster kami sebagai poster terfavorit dan banyak hal yang didapat dari mengikuti kompetisi ini, salah satunya paham gimanamenggunakan media teleconferencedalam berkomunikasi,” ujar Dina Fitri Aliana, salah satu peserta Science Project.

Berbagai persiapan dilakukan peserta untuk bersaing dengan para pemenang yang mewakili provinsi masing-masing, tidak hanya kesiapan fisik namun juga kesiapan materi yang akan diujikan. “Meskipun telah puas menyandang juara pertama tingkat provinsi dalam bidang matematika, namun harus lebih banyak belajar dan berlatih soal yang sifatnya statistik untuk go nasional, karena pada dasarnya saya berasal dari matematika murni,” ungkap Angga Wijaya, peraih juara pertama OSN dalam bidang matematika.

Seleksi tingkat nasional akan dilaksanakan pada 26 November 2012. Peserta akan berangkat satu hari sebelum kompetisi dimulai. “Pemenang akan berangkat sekitar satu hari sebelum kompetisi, akan ada yang mendampingi mereka, panitia dari Pertamina pun akan menjemput di bandara,ujar Dr. Tugiyono, M.Si. Ph.D., selaku Pembantu Dekan III FMIPA.

Di ajang kompetisi nasional, peserta akan kembali diminta mengerjakan essay dan mempresentasikan makalah dihadapan juri dengan saingan yang lebih sulit dibanding tingkat provinsi. Pertamina memfasilitasi semua kebutuhan peserta, mulai dari keberangkatanhingga pulang ke daerahnya masing-masing. Puncak kegiatan pada 30 November 2012, di malam itu akan ada penganugrahan hadiah pemenang Theory dan Science Project, dan juara pertama berkesempatan untuk bekerja di Pertamina. (Tri/Novia/Dian/Prisky)



Related

Berita Kampus 2817815090852206266

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item