Buah Ara dengan Segudang Keistimewaan

Indonesia adalah negeri tropis. Dengan modal itu menjadikannya kaya akan keanekaragaman hayati. Mulai dari jenis hewan sampai beragam tumbuh...


Indonesia adalah negeri tropis. Dengan modal itu menjadikannya kaya akan keanekaragaman hayati. Mulai dari jenis hewan sampai beragam tumbuhan yang melimpah. Diantara kekayaan tumbuhan Indonesia itu, ada satu tumbuhan istimewa  yang tumbuh di negeri kita, negeri zambrut khatulistiwa ini.
Lampung yang dikenal dengan mascot sigernya, ternyata memiliki banyak potensi yang belum tergali, baik dari sumber daya alam berupa energi bumi atau potensi tumbuhan. Salah satunya buah yang tertulis dalam Al-quran, yakni buah tin. Masyarakat sekitar menyebutnya buah ara (Ficus carica) atau buah lo jika orang jawa menyebutnya. Buah tin di Lampung banyak terdapat di Tanggamus. Di Maroko dan masyarakat Afrika Utara buah ini dikenal dengan nama “karmouss”.
Buah ini dikenal luas semenjak dahulu kala dengan mamfaat dan kegunaannya yang banyak untuk kepentingan medis bagi manusia. Sebagaimana fakta ilmiah sekarang bahwa cairan tin yang dicampurkan pada banyak ramu-ramuan medis memiliki tingkat kemanjuran tinggi. Buah dengan segudang keistimewaan ini, ternyata sudah sejak lama ada disekitar kita. Namun, banyak dari kita yang tidak menyadarinya. Terdapat  lebih dari 700 macam Ficus tersebar diseluruh pelosok dunia.
Salah satu dari beberapa dosen FMIPA Unila,  Dra. Yulianty, M.Si tergabung dalam observasi  terkaittumbuhan ini. Meskipun belum sempurna dalam hal observasinya,tapi buah ara menjadi daya tarik tersendiri yang memang memiliki banyak potensi yang terkandung. Diluar observasi mengenai buah ara ini. Ternyata Lampung merupakan daerah terakhir dalam ekplorasi tumbuhan obat di 7 titik. Tim pengumpul data ristoraja diketuai oleh DR. Eng. Admi Syarif. Tim ini fokus dalam pencarian berbagai tanaman yang berpotensi dapat dijadikan obat-obatan. Sebagian besar peneliti berasal dari Unila dan 3 diantaranya berasal dari luar daerah Lampung.
Serangga Khusus Buah Ara
Keistimewan lain dari buah ini adalah dalam  proses penyerbukan. Terdapat serangga khusus yang membantu proses tersebut. Tin dan lebah khusus ini menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Lebah (Blastophaga psenes) dari keluarga (Agonidae) memainkan peranan sangat penting pada proses penyerbukan tin (Ficus carica), Karena jenis tin ini tidak dapat dibuahi kecuali melalui lebah khusus itu. Sebaliknya, lebah jenis ini tidak bisa melahirkan dan berkembang biak kecuali dalam jenis buah tin tersebut.
Manfaat Buah Ara
1.      Kandungan Kalium, Omega 3 dan Omega 6 pada buah Tin/ Ara membantu untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan Jantung koroner.
2.      Buah Tin/ Ara kaya serat makanan, yang membuat mereka sangat efektif untuk program penurunan berat badan( Obesitas) .
3.      Bahkan daun dari tanaman Tin memiliki sifat penyembuhan. Rebusan daun pohon Tin/ ara dapat membantu pasien diabetes mengurangi jumlah asupan insulin.
4.      Mengkonsumsi buah tin/ ara dengan rutin dapat membantu mengurangi risiko Kanker Payudara dan Kanker Kolon.
5.      Kandungan Coumarin pada buah TIN , juga dapat mengurangi resiko Kanker Prostate.
6.      Kandungan Kalsium dan Kalium dalam buah Tin/ ara mencegah penipisan tulang ( Osteoporosis) , dan membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang. Dalam 100 gram buah Tin mengandung 241mg Calsium , 2 X lebih tinggi dari kandungan Calsium pada susu( 118mg per 100 gram) .
7.      Tryptophan, dalam buah Tin/ ara, menginduksi tidur yang baik dan membantu menyingkirkan gangguan tidur seperti insomnia.
8.      Mengkonsumsi buah Tin/ ara mengurangi kelelahan , meningkatkan daya memori otak dan mencegah Anemia.
9.      Karena efek laksatif, mengkonsumsi buah ini sangat membantu untuk mengobati sembelit kronis.
10. Konsumsi harian buah Tin/ ara direndam ( 2-3 buah ) merupakan obat yang efektif untuk terapi. (Sigit)

Related

Berita Kampus 514883366147769903

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item