Pahlawanku, Ibuku

Oleh : Mariam Ramadhona (Mahasiswi Matematika 2011)* Tetesan air mata yang terjatuh dan butiran keringat yang membasahi keningnya itulah ben...


Oleh : Mariam Ramadhona (Mahasiswi Matematika 2011)*

Tetesan air mata yang terjatuh dan butiran keringat yang membasahi keningnya itulah bentuk pengorbanannya. Dia begitu merasakan sakit saat dia memperjuangkan hidupnya demi melahirkan calon penerus bangsa. Dia adalah seorang ibu. Ibu yang menjadi pahlawan bagi setiap anak bangsa.
Kesetiaan menjaga buah hatinya dan banyaknya air mata yang terurai dalam menghadapi semua rintangan itulah hidupnya. Dia tak kenal lelah, demi buah hatinya dia rela menahan lapar dan memberikan sesuap nasi kepada anaknya.

Dalam bidang pendidikan, sosok seorang guru yang pertama kali dikenal adalah seorang ibu. Dimana seorang ibu dengan penuh kesabaran mulai mengajarkan anaknya berbicara. Melatih anak-anaknya mengucapkan kata-kata yang dia ajarkan, bahkan sampai mereka bisa mengucapkan sebuah kata ibu. Kata yang sangat dinantikan oleh setiap ibu di dunia ini. Sebuah kata yang keluar dari mulut seorang anak yang memanggilnya dengan sebutan ibu. Saat pertama kali mendengarnya, sosok wanita hebat ini pun bisa menangis karena bahagia.

Selain itu, banyak ilmu yang diberikan oleh ibu yang tidak diajarkan dalam bangku sekolah yaitu cara berjalan. Selangkah demi selangkah seorang ibu memapah anaknya. Dengan penuh semangat dia mengajarkan anak-anaknya agar bisa berjalan sampai mereka dapat berlari dan memeluk dirinya.

Pelajaran kecil yang selalu diberikan kepada anak-anaknya membuat mereka semakin berkembang hingga memasuki bangku sekolah. Sosok wanita yang tak pernah letih mendampingi anak nya dalam belajar. Membantu anak-anaknya dalam mengerjakan tugas sekolah. Membimbing anak-anaknya agar menjadi seorang anak yang bisa dibanggakan.

Dalam proses mendidik anak-anaknya, seorang ibu tidak pernah segan untuk memarahi anaknya apabila mereka membuat kesalahan. Marah adalah salah satu bentuk pendidikan agar membentuk mental anak-anaknya menjadi sosok yang kuat.

Pada umumnya, seorang ibu ingin sekali dekat dengan anak-anaknya. Pada waktu tertentu dia ingin menjadi sahabat bagi anak-anaknya sehingga dapat lebih memahami karakter mereka. Setiap ibu lebih suka apabila anak-anaknya sering berbagi cerita tentang kejadian yang mereka alami sehingga seorang ibu bisa mengetahui sampai dimana perkembangan anak-anaknya.

Tumbuh dan berkembangnya seorang anak tergantung pada ibunya karena  ibu adalah sosok wanita yang paling berperan. Seorang pahlawan yang sangat berjasa, bahkan kekayaan pun tidak dapat membeli sosok seorang ibu yang baik. Keberhasilan seorang anak berasal dari jeripayah seorang ibu. Maka berbaktilah kepada ibu mu, dan berterimakasihlah atas semua pengorbananya.

*Penulis adalah juara 2 Lomba Menulis Magang UKMF Natural

Related

Opini 6484504392304501705

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item