Seminar Jurnal Ilmiah Perdana di FMIPA

Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)  mengadakan seminar jurnal ilmiah perdana pada Sabtu (15/12) lalu . Seminar y ang be...


Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)  mengadakan seminar jurnal ilmiah perdana padaSabtu (15/12) lalu. Seminar yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam publikasi ilmiah ini dilaksanakan oleh pihak fakultas yang bekerjasama dengan Jurusan Matematika dan beberapa perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA. Seminar ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa, dosen, guru serta karyawan di  seluruh Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online dan telah ditutup pada Senin, (10/12).

Calon peserta diminta untuk membuat jurnal ilmiah untuk dapat ikut serta dalam seminar ini. Jurnal ilmiah yang telah ditulis dikirim secara online ke pihak panitia. Setelah itu, naskah yang diterima oleh panitia akan diseleksi terlebih dahulu. Jika ada jurnal yang tidak berhubungan dengan bidang eksak maka secara otomatis akan dieliminasi dan peserta dinyatakan tidak bisa mengikuti seminar. Untuk penulisan jurnal tidak harus sama dengan skripsi yang dibuat namun harus berkaitan dengan bidang IPA atau eksak.

“Seminar jurnal ini adalah acara pertama FMIPA di bidang publikasi ilmiah. FMIPA adalah pelopor membangun budaya penelitian dengan presentasi ilmiah di lingkungan Unila. Dari pada mahasiswa jauh-jauh mencari wadah untuk publikasi ilmiah maka FMIPA memberikan tempat dengan mengadakan seminar jurnal ilmiah ini,” terang Dr. Tiryono selaku ketua pelaksana seminar ini.

Tiryono juga menambahkan bahwa dengan diadakannya seminar jurnal ilmiah ini akan berpengaruh dengan akreditasi jurusan di  FMIPA. “Bisa saja akreditasi jurusan di FMIPA mengalami peningkatan karena adanya acara yang mencangkup nasional ini,” tambahnya.

Seminar jurnal ilmiah ini dilaksanakan selama satu hari. Pagi hari diadakan seminar umum di Auditorium Perpustakaan Unila. Siang harinya dilaksanakan presentasi jurnal ilmiah di Gedung Matematika FMIPA. Jumlah peserta yang mengikuti seminar dan presentasi adalah sebanyak 30 orang. “Peserta boleh memilih hanya mengikuti acara yang pagi saja. Namun, bagi mahasiswa yang akan wisuda diwajibkan mengikuti seminar ini dari pagi hingga selesai,” ujar Subian selaku sekretaris pelaksana.

Berdasarkan surat edaran Dirjen Dikti Nomor: 152/E/T/2012, bagi mahasiswa publikasi ilmiah ini dapat digunakan sebagai syarat kelulusan. Ditemui di kediamannya pada Minggu (9/12), Prof. Suharso, Ph.D. selaku Dekan FMIPA Unila menjelaskan apabila mahasiswa ingin wisuda maka ia harus menulis publikasi ilmiah seperti journal online atau mengikuti seminar, jika tidak mahasiswa tersebut belum bisa lulus sebagai sarjana.
Dosen Kimia ini juga menegaskan selain sebagai syarat wisuda, seminar jurnal ilmiah ini juga bertujuan untuk menumbuhkan budaya akademik dari mahasiswa.

Setelah mengikuti seminar ini, barulah jurnal yang telah fix akan dipublikasikan secara onlinekembali. Jurnal yang telah dipresentasikan dan diperbaiki ini disebut output atau prociding. Prociding inilah yang akan ditunjukkan mahasiswa apabila melakukan kompre sebelum diwisuda.

Seminar ini diadakan 4 kali selama setahun dan pihak fakultas akan bekerjasama dengan semua jurusan di FMIPA. Untuk Seminar perdana ini, Jurusan Matematika yang mendapat giliran pertama, bisa saja untuk seminar-seminar berikutnya jurusan lain yang mendapat giliran mengadakannya. (Puja/Lina/Merda)

Related

Berita Kampus 3988240825647206703

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item