Minggu, 05 Juli 2015

Siswa Harus Kuasai Tiga Bahasa Menghadapi MEA

Ilustrasi │ Wordpress.com

Belakangan ini, MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) menjadi topik yang sering dibicarakan di berbagai kalangan. Iklan di televisi pun ada yang membahas topik ini.

Menghadapi MEA di akhir tahun ini merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi para siswa yang akan terjun ke dalam komunitas ASEAN. Demikian dikutip dari Kaltengpos.web.id, Senin 06/07/2015.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, pun berharap agar siswa dapat meningkatkan berbagai kompetensi mereka. Salah satu kompetensi itu adalah dalam hal berkomunikasi dan berbahasa dalam skala internasional.

Mendikbud mengatakan setidaknya setiap siswa harus mampu menguasai tiga bahasa, yaitu Bahasa Daerah, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Internasional. Hal ini bertujuan agar para siswa lebih siap untuk terjun ke dalam komunitas internasional, tidak hanya ASEAN saja. MEA pun sudah tidak lama lagi, yaitu pada akhir tahun ini.

Beliau menambahkan, dari 600 juta jiwa penduduk ASEAN, 230 juta di antaranya adalah penduduk Indonesia. Itu berarti lebih dari 1/3 penduduk ASEAN ada di Indonesia dan sisa nya tersebar di sembilan negara anggota ASEAN lainnya. Dengan demikian, Indonesia akan sangat memengaruhi berlangsungnya MEA. (Benny)

Sumber: Kaltengpos.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HIMAFI Gelar Workshop Karya Tulis Ilmiah

Dok. Natural Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) mengadakan...