Senin, 09 November 2015

PSO J318.5-22, ‘Planet’ Tanpa Matahari

Sumber : bbc.com
Pernahkah anda membayangkan suatu planet yang tidak memiliki matahari? Belum lama ini para ilmuwan menemukan keberadaan planet tersebut.

Seperti yang dilansir dari bbc.com, planet yang berukuran hampir sebesar planet Jupiter tersebut dinamai PSO J318.5-22 dan mengapung dengan bebas sendirian di ruang angkasa. Objek yang mirip seperti planet tersebut diperkirakan umurnya baru sekitar 20 juta tahun dan tidak memiliki bintang induk (matahari).
 
Astronom di Universitas Edinburg menggunakan teleskop di Chile untuk menunjukan bahwa planet tersebut diselimuti oleh awan tipis dan tebal. Awan yang menyelimuti planet tersebut dilaporkan terbuat dari lelehan besi cair.

Tanpa cahaya yang menyilaukan dari bintang induk (matahari), tim peneliti dapat mengukur variasi kecerahan objek dengan akurat. Peneliti memperkirakan suhu di dalam awan melebihi 800 derajat Celcius.

Dr Beth Biller dari Fakultas Fisika dan Astronomi University of Edinburgh mengatakan bahwa: “Penemuan ini menunjukan betapa awan ada di mana-mana di dalam planet dan objek seperti planet.” Ujarnya seperti yang dikutip dari BBC.

"Kami sedang berupaya menggunakan teknik (pengukuran) ini untuk planet raksasa di sekitar bintang muda, dan akhirnya kami akan mendeteksi cuaca di planet mirip Bumi yang mungkin menunjang kehidupan."

Temuan planet ini diterbitkan dalam The Astrophysical Journal. (Adib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buletin Info Natural Edisi 99

Ilustrasi Sampul Buletin Info Natural Edisi 99 Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Natural Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam...