Senin, 14 Desember 2015

Panama Ancam Pisang Alami Kepunahan


Pisang merupakan buah yang paling banyak di konsumsi. Selain rasanya yang lezat dan mudah untuk didapatkan, kandungan vitamin yang terdapat pada pisang juga tak kalah dengan buah-buahan lainnya. 

Namun menurut sebuah studi terbaru, pisang tengah menghadapi kepunahan. Kekhawatiran ini muncul disebabkan oleh jamur mematikan Panama atau biasa disebut penyakit Panama yang belum diketahui cara pemberantasannya.
 
Dilansir dari nationalgeographic.co.id, Tropical Race 4, penyakit layu vaskular yang disebabkan oleh jamur Fusarium oxysporum merupakan varian lain dari penyakit Panama. Penyakit yang telah mengancam pisang-pisang di Asia Timur dan Asia Tenggara sejak 1960-an, kini kabarnya penyakit itu sudah mencapai beberapa daerah termasuk Amerika Latin, di mana mayoritas jenis pisang ditemukan.

"Jamur ini telah menyebar ke Pakistan, Lebanon, Yordania, Oman dan Mozambik. Serta Australia bagian timur, persisnya di Queensland." Ujar Gert Kema, ahli pisang dari Wageningen University and Research Centre di Belanda kepada Quartz.

Namun meskipun dikabarkan menghadapi kepunahan, riwayat pisang tidak akan berakhir begitu saja.(Gita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HIMAFI Gelar Workshop Karya Tulis Ilmiah

Dok. Natural Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) mengadakan...