Dunia Kehilangan 'Ahli Matematika Terbaik setelah Isaac Newton'

Sir Michael telah memberikan kontribusi besar dalam bidang geometri dan topologi matematika. Profesor Sir Michael Atiyah Salah satu ah...


Sir Michael telah memberikan kontribusi besar dalam bidang geometri dan topologi matematika.
Profesor Sir Michael Atiyah Salah satu ahli matematika terbaik di dunia. Meninggal dunia pada 11 Januari 2019 di usia 89 tahun. Sir Michael telah memberikan kontribusi besar dalam bidang geometri dan topologi matematika. Ia dikenal soal kontribusinya terhadap pengembangan salah satu cabang dalam matematika yang disebut topologi K-theory. Ia terkenal atas hasil kerjanya bersama Isadore M. Singer yang membuktikan teori indek Atiyah–Singer pada tahun 1962, yang membuka cara baru menghubungkan antara matematika murni dan fisika teori. Atas hasil kerjanya tersebut, pada tahun 2004, ia dan Isadore M. Singer mendapat Penghargaan Abel. Sir Michael juga disebut telah berhasil dalam membantu para ahli teori fisika dalam memahami teori medan kuantum dan relativitas umum secara lebih lanjut.

Sir Michael menerima banyak penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan tertinggi di bidang matematika, yaitu Fields Medal. Tak hanya itu, ia juga sukses mendapat Penghargaan Copley (1988) atas kontribusi fundamental dalam berbagai topik geometri, topologi, analisis dan fisika teoriti.

"Sir Michael Atiyah adalah mentor, teman, dan panutan yang baik, intelektual dan energinya tidak bisa dibandingkan. Apa yang ia tinggalkan di bidang matematika dan fisika akan abadi," ujar Robbert.

"Kepulangannya adalah kehilangan yang besar, dan kami turut menyampaikan rasa duka cita yang terdalam kepada keluarganya. Ia akan sangat dikenang oleh teman dan koleganya di seluruh dunia," tuturnya direktur di Institute of Advance Studies di New Jersey ini.

Pujian juga diutarakan oleh para profesor lain. Hal tersebut disampaikan oleh Joe Atiyah, adik dari Sir Micha el.

"Ia telah disebut sebagai ahli matematika terbaik di negara ini setelah Sir Isaac Newton oleh lebih dari satu profesor," kata Joe. (Febi)


Sumber: detik.com

Related

Berita Sains 7447041933239990585

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item