Selasa, 05 Februari 2019

Fakta-fakta Menarik tentang Astronomi

Sumber : pin.it


Astronomi adalah cabang ilmu alam yang mempelajari tentang benda-benda langit serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi. Astronomi berasal dari pemikiran para ilmuwan tentang alam semesta yang ditempati.  

Banyak fenomena menakjubkan yang akan kita dapatkan ketika mempelajari astronomi. Dari Bumi, kita dapat mengetahui lautan kosmik yang telah terbentuk selama ribuan bahkan miliaran tahun lamanya. Sejak ditemukannya teleskop oleh Hans Lippershey (1608), beberapa planet ditemukan dalam sistem tata surya seperti Uranus (1781) dan Neptunus (1846). Selain itu, terdapat ribuan bahkan jutaan materi ruang angkasa, seperti asteroid dan komet. 

Fakta pada sistem tata surya antara lain memiliki atmosfer dengan kandungan unsur-unsur yang berbeda. Atmosfer bumi mengandung usur nitrogen dan oksigen, Venus mengandung karbon dioksida yang memiliki jejak beracun seperti sulfur dioksida, Mars mengandung sedikit karbon dioksida sedangkan Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus mengandung hidrogen dan helium. 

Selain dapat mengetahui kandungan atmosfer dari masing-masing planet, fakta menarik lainnya antara lain dapat melihat masa lalu, planet Merkurius memiliki sisi yang gelap dan dingin, terjadinya badai panjang di planet Jupiter, serta mengetahui keberadaan Betelgeuse atau bintang yang sangat terang di langit. (Heni)

Dilansir dari aura-ilmu.com

1 komentar:

  1. Mantab sangat membantu dan edukatif banget tentang unsur2 atmosfer planet nya membuat kita berfikir lebih jauh tentang astronomi, maju terus natural unila dan mahasiswa ilmiah biar lebih baik kedepannya
    Ikhsan indrawan kimia 18

    BalasHapus

HIMAFI Gelar Workshop Karya Tulis Ilmiah

Dok. Natural Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) mengadakan...