Minggu, 10 Februari 2019

Memutar Punggung Hingga Berbunyi, Bahayakan Tulang Sendi

Memutar punggung dapat membahayakan tulang sendi (sumber : dream.co.id)


Kebiasaan memutar punggung  dan meremas buku-buku jari tangan hingga berbunyi pasti terasa melegakan dan seolah mampu meredam pegal-pegal. Namun nyatanya melakukan kebiasaan tersebut justru akan berakibat fatal. 

Pakar Chiropractic, Chris Vargas mengatakan, bunyi yang muncul ketika memutar punggung menunjukan pergeseran sendi tulang belakang.

“Suara retak yang terdengar adalah pelepasan gelembung gas di dalam sendi tulang belalang “ kata Vargas. Menurutnya ketika tulang belakang tidak sejajar, sendi dapat membengkak dan terisi gelembung yang mungkin muncul ketika kita bergerak dengan cara tertentu.

Para ahli mengatakan, kebiasaan ini dapat membahayakan tulang dan sendi terutama sendi tulang belakang yang dapat mengalami keausan. 

Menurut Vargas, banyak orang yang memutar punggung hingga berbunyi sebenarnya memiliki subluksasi tulang belakang, vertebra mereka tidak sejajar. Mereka hanya menggerakan sendi yang menyebabkan subluksasi yang jika dilakukan akan membuat masalah utama lebih buruk atau akan merusak sendi tersebut. 

Meskipun menggerakan tulang belakang secara rutin bisa membahayakan, tetapi sesekali melakukannya tidak akan menimbulkan masalah.

Sumber : TribunJateng.com
Penulis : Sofa

2 komentar:

  1. Ternyata kebiasaan yang sering dilakukan menjadi bahaya ... Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Sangat barmanfaat sekali๐Ÿ˜Š. Terima kasih๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus

HIMAFI Gelar Workshop Karya Tulis Ilmiah

Dok. Natural Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) mengadakan...