Tahukah kamu kenapa Gigitan Nyamuk Terasa Gatal?

Gigitan nyamuk mudah menyebabkan rasa gatal. (Sumber : Kompasiana.com) Sebenarnya hanya nyamuk betina yang menggigit untuk mendapatk...

Gigitan nyamuk mudah menyebabkan rasa gatal. (Sumber : Kompasiana.com)

Sebenarnya hanya nyamuk betina yang menggigit untuk mendapatkan darah kita. Mereka tidak membutuhkan darah tersebut sebagai makanan, melainkan untuk dapat memproduksi telur. Ketika nyamuk betina menusukkan sungutnya atau proboscis mereka ke dalam kulit kita untuk mendapatkan darah, maka nyamuk betina juga turut menyuntikkan air liur mereka. Air liur ini digunakan untuk membantu nyamuk betina meminum darah kita dengan lebih cepat karena mengandung zat antikoagulan (zat anti pembekuan darah).

Tubuh kita kemudian akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh sebagai respons terhadap keberadaan air liur ini. Sistem kekebalan tubuh ini lalu akan menghasilkan berbagai antibodi guna mengikat antigen yang terdapat dalam air liur nyamuk, di mana hal ini kemudian akan memicu pelepasan histamin.

Histamin adalah senyawa nitrogen yang memicu respons inflamasi (peradangan). Histamin juga membantu sel darah putih dan protein lain untuk melawan “benda asing” yang masuk ke dalam tubuh kita dengan membuat kapiler dari sel-sel menjadi lebih mudah dilewati. Histamin kemudian akan membuat pembuluh darah yang terletak di dekat gigitan nyamuk membengkak. Proses ini akan menghasikan benjolan berwarna merah muda dan terasa gatal di mana nyamuk menggigit kita.

Menggaruk benjolan hanya akan membuat rasa gatal dari bekas gigitan menjadi lebih parah karena dapat menyebabkan iritasi dan peradangan yang meluas sehingga sistem kekebalan tubuh kita akan mengira bahwa diperlukan lebih banyak antibodi untuk menyingkirkan protein asing tersebut. Jadi semakin kita menggaruk, maka semakin membengkak, dan akan terasa semakin gatal serta dapat menimbulkan iritasi.

Sumber : tahukahkamu.org
Penulis  : Silvi

Related

Berita Sains 2084309834439369233

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item