Tips Tidur Nyenyak dan Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Pada dasarnya, tubuh kita membutuhkan waktu istirahat tujuh hingga delapan jam sehari. (Ilustrasi Shutterstock) Pada dasarnya, tubuh...

Pada dasarnya, tubuh kita membutuhkan waktu istirahat tujuh hingga delapan jam sehari. (Ilustrasi Shutterstock)

Pada dasarnya, tubuh kita membutuhkan waktu istirahat tujuh hingga delapan jam sehari. Jika kita mengalami kekurangan waktu tidur, tidak hanya mengantuk tetapi juga bisa mengundang berbagai macam penyakit.
Sebagai mahasiswa yang memiliki banyak sekali aktivitas di kampus kita perlu mengenal cara tidur yang nyenyak dan berkualitas dalam waktu yang tidak banyak. Simak tips di bawah ini!
Tips Tidur Nyenyak dan Mendapatkan Tidur yang Berkualitas
1. Bangun pada jam yang sama setiap hari
Tubuh harus dibiasakan untuk bangun tidur di jam yang sama. Begitu juga dengan waktu tidur. Hal ini akan memberitahu otak bahwa ada jam-jam tertentu yang digunakan untuk memulihkan kebugaran tubuh.
2.  Jaga kelembapan, temperatur dan cahaya saat tidur
Tingkat kelembapan optimal adalah 45% atau bahkan 70%. Kelembapan ini harus diperhatikan, jika tidak cukup maka proses tubuh melambat dan tidur menjadi lebih buruk.
Membeli humidifier sederhana dan menyetelnya dalam level kelembapan yang dibutuhkan bisa meningkatkab tingkat kelembapan. Atur temperatur optimal 15-20 derajat Celcius agar tidurmu lebih berkualitas. Selain itu, semakin sedikit cahaya berada dalam ruangan, semakin cepat otak memproduksi hormon melatonin. Ini adalah hormon tidur yang hanya dilepaskan jika mata menemukan kondisi gelap. Hormon ini baik diproduksi pukul sebelas malam sampai pukul empat pagi.
3. Olahraga pagi hari
Sangat penting untuk berolahraga di pagi hari karena olah raga dapat meningkatkan suhu dan efisiensi tubuh. Kamu bisa melakukannya dengan sepuluh hingga lima belas menit.
4. Hindari makanan tertentu
Minum-minuman berenergi termasuk salah satu yang harus dihindari karena dapat menggangu tidurmu yang nyenyak. Tidak hanya minuman berenergi, tetapi juga es krim, alkohol, rokok, maupun makanan yang berlemak.
5. Bantal berkualitas
Bantal sangat berpengaruh pada tidur yang singkat. Hal ini dikarenakan dengan masalah leher, punggung, dan aliran Darah. (Bella)
Sumber: dream.co.id


Related

Berita Sains 7496020908239105098

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item