Disebut Memiliki Banyak Manfaat Ternyata Squishy juga Memiliki Efek Negatif

Squishy dapat menimbulkan efek alergi pada kulit yang sensitif, pasalnya bahan kimia seperti karet, pewarna, dan pewangi yang terdapat dal...

Squishy dapat menimbulkan efek alergi pada kulit yang sensitif, pasalnya bahan kimia seperti karet, pewarna, dan pewangi yang terdapat dalam squishy dapat menimbulkan gejala alergi berupa ruam kemerahan, gatal, hingga biduran pada kulit. 


Squishy sebenarnya bukanlah mainan baru. Mainan  unik ini telah ada sejak tahun 1937 dan diciptakan secara tidak sengaja oleh ilmuan asal german, otto bayer. Squishy merupakan mainan yang disukai oleh berbagai kalangan terutama anak-anak. Hadir dengan berbagai bentuk ,warna, dan aroma membuat kepopulerannya semakin meningkat. Ada banyak jenis squishy dijual di pasaran dengan berbagai macam bentuk , jenis, dan warna..

Squishy juga dipercaya dapat memberi dampak positif bagi perkembangan anak. Beberapa pendapat mengatakan mainan squishy dapat berfungsi sebagai alat untuk melatih gerak sensorik anak, memprekuat koordinasi motorik  halusnya, melatih kemampuan bahasa anak, dan sebagai sarana untuk menyalurkan emosi. Namun terlepas dari kepopuleran dan manfaatnya, para orang tua serta bagi pencinta squishy haruslah tetap berhati-hati dengan kandungan kimia yang terdapat didalamnya.

Dilansir dari laman kangamir.com squishy dapat menimbulkan efek alergi pada kulit yang sensitif, pasalnya bahan kimia seperti karet, pewarna, dan pewangi yang terdapat dalam squishy dapat menimbulkan gejala alergi berupa ruam kemerahan, gatal, hingga biduran pada kulit. Salah satu penelitian di denmark menemukan bahwa mainan ini mengandung zat beracun seperti dimethylformamide, xylene, metilena klorida, triethylenediamine, dan cyclohexanone. Paparan bahan kimia tersebut dapat mengakibatkan iritasi mata, kulit, hidung bahkan tenggorokan. (Ofri)

Related

Berita Sains 6581194664271530478

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item