Kamis, 11 April 2019

Enggal : “Masalah Hasil itu Urusan Terakhir”

Enggal Alfrian meraih juara 1 Pilmapres Tingkat Universitas Lampung 2019 kategori program studi D3. (doc. Pribadi)


Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Enggal Alfrian berhasil meraih juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Universitas Lampung 2019 kategori program studi D3.

Tema yang diangkat dalam presentasi Pilmapres oleh mahasiswa asal Lampung Tengah ini adalah “Lingkungan” dengan menggunakan teknologi. Presentasi inilah yang membawa Enggal diposisi Juara 1 Pilmapres Unila 2019.

Enggal mengatakan persiapannya untuk presentasi Pilmapres ini cukup panjang, dari jauh-jauh hari, dua minggu atau sebelum-sebelumnya.

“Tidak hanya membaca materi namun memahami dan menghafalkan materi dari karya tulisnya dengan matang. Sehingga saat presentasi sudah sangat menguasai materi. Bahkan beberapa kali menghadap dosen untuk revisi karya tulis, meminta saran perbaikan presentasi dan tidak lupa melatih cara berpresentasi.” Tambah mahasiswa Manajemen Informatika 2017 ini.

Ia juga berbagi tips dan trik yaitu mencari pedoman dan penilaian untuk pilmapres, antara lain: IPK, prestasi dibidang akademik di tingkat Universitas, pernah atau tidaknya menjadi pembicara, pengalaman organisasi dan penyertaan sertifikat seminar.

“Kalau bisa sih jangan patah semangat ya berani mencoba dulu, jangan mikir yang ikut pilmapres itu IPK diatas 3,5 atau 3,9 karena tidak semua seperti itu walaupun ada yang seperti itu. Untuk masalah hasil itu urusan terakhir, jangan ambil nilaimya, kita ambil pengalamannya apasih yang bisa di dapat dari ini.” pesannya untuk Mahasiswa angkatan 2018 yang ingin ikut Pilmapres tahun depan. (Sofa, Zia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HIMAFI Gelar Workshop Karya Tulis Ilmiah

Dok. Natural Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) mengadakan...