Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional?

Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional  Mengapa Bahasa Inggris bisa menjadi bahasa internasional? Jika dilihat dari banyaknya pen...

Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional 

Mengapa Bahasa Inggris bisa menjadi bahasa internasional? Jika dilihat dari banyaknya penduduk, penduduk Indonesia dan Cina jauh lebih banyak. Jadi kenapa Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional?

Dilansir dari AkuPaham.com Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional karena :

1. Untuk mempermudah komunikasi antar manusia di dunia, maka diperlukan bahasa bersama atau Lingua Franca

Alasan mengapa Bahasa Inggris dijadikan bahasa internasional adalah dibutuhkan bahasa bersama agar semua orang di dunia bisa berkomunikasi dengan satu bahasa, sehingga orang-orang dari berbagai negara bisa tetap mengerti saat berkomunikasi. Inilah yang disebut lingua franca. 

2. Bahasa Inggris adalah Bahasa Universal

Alasan kedua, Inggris adalah negara dengan jumlah negara jajahan terbanyak di era kolonisasi sehingga Bahasa Inggris berkembang pesat. Bahasa Inggris adalah bahasa tertua didunia dan muncul sejak abad 8M. Selain itu, Inggris adalah penguasa dunia yang mendaulatkan diri menjadi polisi dunia dan saat itu AS belum lahir. Negara jajahan Inggris saat itu juga banyak seperti Kanada, Afrika Selatan, India, Selandia Baru, Thailand dan lainnya. Oleh karena itu negara-negara ini mau tidak mau harus menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

3. Peta Negara-Negara Jajahan Inggris

Negara superpower AS mengukuhkan Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Dulunya AS adalah negara jajahan Inggris dan banyak sekali orang-orang Inggris yang berdatangan ke Amerika dan menjadi imigran. Tak hanya orang Inggris, AS menjadi tanah imigran yang membutuhkan bahasa bersama. Semakin kuatnya negara adidaya ini, maka Bahasa Inggris semakin dipatenkan.

Itulah beberapa alasan mengapa Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. 

Penulis : Widiya
Sumber : AkuPaham.com

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item