Superkomputer Ini Mampu Menjalankan 1 Juta Triliun Operasi Dalam Hitungan Detik

Aurora mesin komputer yang mampu mengoperasikan 1 juta triliun dalam hitungan detik Tahun 2021 mendatang Amerika Serikat akan menerima...

Aurora mesin komputer yang mampu mengoperasikan 1 juta triliun dalam hitungan detik

Tahun 2021 mendatang Amerika Serikat akan menerima hibah superkomputer tercepat dengan tingkat pemrosesan exascale, dikutip dari Tempo.co.

Seperti kita ketahui, dari tahun ke tahun perkembangan komputer di mata dunia sangatlah pesat saat ini. Mesin komputer yang digadang-gadangkan mampu mengoperasikan 1 juta triliun dalam hitungan detik ini diberi nama Aurora. Aurora ini akan memfasilitasi Argone National Laboratory untuk melakukan pengoperasian rumit, serta menjalankan kecerdasan buatan atau biasa disebut dengan Artificial Inteligence (AI) dan melakukan perhitungan saintifik.

Dilansir dari Tempo.co, adapun kemampuan-kemampuan lainnya yang dimiliki Aurora, yaitu:

1.  Pada 2021 mendatang, saat Aurora resmi beroperasi, mesin superkomputer ini akan menjadi mesin terkuat di Amerika Serikat. Alan selaku pengembang chip Intel yang tergabung dalam proyek ini mengatakan, Aurora diciptakan untuk menjadi komputer terkuat di Amerika.

2. Aurora mampu melakukan satu juta triliun perhitungan dalam satu detik atau apabila ditulis dengan angka akan terlihat seperti ini (1.000.000.000.000.000.000). Sungguh digit angka yang sangat fantastis sekali. Aurora ini pun memiliki perhitungan yang berbeda dengan komputer lainnya, karena satuan ukuran yang digunakan adalah Floating Point Operation per Second (FLOPS). Perhitungan ini membuat Aurora mendapatkan julukan exaflops machine.

3. Setara dengan 1 miliar laptop. Jika sebuah laptop melakukan 1 miliar perhitungan, maka Aurora menggandakan perhitungan tersebut, tambah Alan. Selain perhitungan yang sangat fantastis, Aurora pun memiliki sistem pendingin yang unik, yaitu berpendingin cairan. Hal inilah yang membedakan Aurora dengan komputer lainnya.

4. Mesin superkomputer bukanlah hanya satu buah komputer yang biasanya kita ketahui, melainkan terdiri dari 200 kabinet. Aurora terdiri dari 200 kabinet berdimensi panjang 1,5 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 2,1 meter. Satu set Aurora membutuhkan ruang seluas 600 meter persegi atau setara dengan lapangan basket. Dikarenakan Aurora ini sangatlah panas jika sedang beroperasi, maka dengan pendingin cairan Aurora bisa optimal dengan tenaga 250 kilowatt.

5. Setiap jaringan yang terdapat di dalam mesin superkomputer ini terkoneksi dengan serat optik yang menghubungkan 64 soket, yang memungkinkan arus data mampu bergerak dalam hitungan 200 gigabit per detik, atau setara dengan satu kabel serat optik dengan kecepatan 200 ribu megabit per detik.

Intinya mesin superkomputer yang bernama Aurora yang akan resmi beroperasi pada tahun 2021 mendatang adalah sebuah mesin komputer yang sangat fantastis sehingga mendapatkan julukan exaflops machine (istilah yang digunakan oleh para peneliti untuk mengukur tingkat kemampuan sebuah komputer).

Penulis : Ferzy
Sumber : Tempo.co

Related

Berita Sains 4208325462545642912

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item