Pengenalan Standar Kompetensi Laboratorium Pengujian Berbasis ISO/IEC 17025:2017

Pengenalan Standar Kompetensi Laboratorium Ikatan Keluarga Alumni Biologi (IKABI) FMIPA Unila adakan kegiatan Public Training Pengena...

Pengenalan Standar Kompetensi Laboratorium

Ikatan Keluarga Alumni Biologi (IKABI) FMIPA Unila adakan kegiatan Public Training Pengenalan Standar Kompetensi untuk Laboratorium Pengujian Berbasis ISO/IEC 17025:2017. Sabtu (01/09), di Gedung Rektorat Unila lantai 4.

Dalam agenda kali ini IKABI bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup (Puslitbang) serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB ini dihadiri oleh lebih dari 50 peserta dari berbagai instansi dan dibuka langsung oleh Ketua Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (LPPM) Unila, Hamim Sudarsono.

Tujuan kegiatan ini adalah pengenalan akreditasi laboratorium pengujian dan membangun sistem manajemen mutu laboratorium yang SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, and Time based) . Purwadi sebagai narasumber acara ini menjelaskan bahwa ISO (International Standardization Oganisation) dan IEC (International Electrotechnical Commision) 17025:2017 mengalami pembaruan diantaranya struktur organisasi yang mengikuti eksisting, keberpihakan, kerahasiaan, teknologi informasi, serta pemikiran berbasis resiko, sehingga para komponen laboratorium harus mengetahui bagaimana perkembangan tersebut dan mengaplikasikannya di laboratorium instansinya.

Meskipun materi terkait ISO 17025:2017 yang diberikan masih tergolong sangat mendasar, namun cukup memberi banyak informasi, solusi, dan inspirasi bagi peserta public training tersebut dilihat dari jalannya penjelasan materi dan diskusi antara peserta dan narasumber. 

"Harapannya mudah-mudahan dengan mengikuti pelatihan ini, produk-produk yang dihasilkan laboratorium dapat memenuhi standarisasi, karena saat ini semuanya sudah mengikuti standarisasi prosedur ", tutup Hamim. (Heni, Nadya)

Related

Berita Kampus 8150367537186955928

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item