Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi pada Hari Jum’at

Tribunnews.com Hari jum’at merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam.  Pada hari jum’at, ada beberapa ibadah yang diistimewakan sa...


Tribunnews.com

Hari jum’at merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam.  Pada hari jum’at, ada beberapa ibadah yang diistimewakan salah satunya adalah membaca surat Al Kahfi. Apa saja yang membuat surat Al Kahfi istimewa jika dibaca di jari jum’at?

Dilansir dari voa-islam.com, surat Al Kahfi mempunyai keutamaan sebagai berikut:


  1. Ganjaran yang diberikan pada hari kiamat berupa cahaya (disinari). Cahaya ini diberikan pada hari kiamat yang memanjang dari bawah kedua telapak kaki sampai ke langit.
  2. Balasan kedua yaitu ampunan dosa antara dua jum’at. Boleh jadi inilah maksud dari disinari di antara dua Jum’at. Karena nurr (cahaya) ketaatan akan menghapuskan kegelapan maksiat.
  3. Menangkal fitnah dajjal. Yaitu dengan membaca dan menghafal beberapa ayat dari surat Al-Kahfi. Sebagian riwayat menerangkan sepuluh ayat pertama dan sepuluh ayat terakhir.


Dari penjelasan tersebut, sudah sepantasnya bagi umat muslim untuk membaca dan menghafalkan surat Al Kahfi. Khususnya pada hari paling baik dan mulia, yaitu hari jum’at.

Penulis: Deva, Yuni. 

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item