Reakreditasi Jurusan Matematika FMIPA Unila. Kapan?

Menurut Amanto, urusan Matematika sudah memenuhi standar sebagai program studi berakreditasi A berdasarkan perhitungan kasar yang dilakuk...

Menurut Amanto, urusan Matematika sudah memenuhi standar sebagai program studi berakreditasi A berdasarkan perhitungan kasar yang dilakukan oleh internal LP3M serta ketentuan standar yang telah ditetapkan sebagai patokan penilaian.
Doc. Natural

Jurusan Matematika FMIPA Unila kini tengah menunggu reakreditasi atau peninjauan ulang akreditasi. Berdasarkan wawancara bersama Amanto selaku Sekretaris Jurusan (Sekjur), padaamis (03/10) di gedung MIPA Terpadu FMIPA Unila.

Jurusan yang kini masih berakreditasi B telah mengajukan proses reakreditasi lebih dulu dari jurusan Fisika yang kini sudah berakreditasi A, yaitu sejak awal bulan Maret 2019 Namun tertunda karena banyaknya permintaan reakreditasi dari 8165 program studi yang membuat Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kewalahan.

“Akhirnya, BAN-PT pun mengeluarkan edaran yang berisi tentang program studi yang diutamakan, yaitu program studi baru yang belum terakreditasi, program studi yang akreditasinya kadaluwarsa, dan yang terakhir adalah yang akreditasinya habis tahun ini. Sedangkan untuk Jurusan Matematika akan habis masa akreditasi pada Maret 2020,” jelas Amanto selaku Sekjur Matematika.

Tak hanya itu, mahalnya pembiayaan sarana dan prasarana menjadi alasan lain sulitnya penurunan asesor ke universitas-universitas pengaju akreditasi.

Menurut Amanto, Jurusan Matematika sudah memenuhi standar sebagai program studi berakreditasi A berdasarkan perhitungan kasar yang dilakukan oleh internal LP3M serta ketentuan standar yang telah ditetapkan sebagai patokan penilaian.

Terdapat 7 standar yang ditetapkan sebagai penilaian akreditasi seperti kemahasiswaan (standar 3), sumberdaya dosen (standar 4), kurikulum (standar 5), keuangan dan prasarana (standar 6), serta pengabdian dan penelitian (standar 7).

Namun akan diberlakukannya standar baru yang telah terpecah antara keuangan dengan prasarana dan pengabdian dengan penelitian pada tahun 2020 mendatang. Standar baru ini dinilai cukup memberatkan sehingga menjadi alasan banyaknya program studi yang mengajukan reakreditasi karena semua program studi yang mengajukan reakreditasi pada april 2019 dan seterusnya akan diberlakukan sistem penilaian baru.

Amanto berharap jurusan Matematika segera mendapatkan akreditasi A sebagai pelengkap jurusan-jurusan lain di FMIPA yang kini telah lebih dahulu berakreditasi A.

“Harus lebih baik, kalau bisa dapat akreditasi unggul A,” tambahnya.


Reporter: Sugar dan Yuni (magang)
Editor: Bella Ibnaty S

Related

FMIPA 1391648112592513966

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item