Fakta Menarik Tentang Bunga Matahari

Bunga merupakan jenis heliotropisme, atau mengikuti gerak matahari, dari timur ke barat. (Doc. Google) 1. Berasal dari Amerika Sebel...

Bunga merupakan jenis heliotropisme, atau mengikuti gerak matahari, dari timur ke barat.
(Doc. Google)

1. Berasal dari Amerika

Sebelum diekspor ke seluruh dunia oleh tentara spanyol, Bunga Matahari merupakan budidaya andalan di Amerika Utara sebagai bahan obat-obatan, makanan, pewarna makanan, dan minyak sejak tahun 3000 sebelum Masehi.

2. Membutuhkan Banyak Sinar Matahari

Bunga jenis ini membutuhkan banyak sinar matahari agar dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Bunga ini tumbuh sekitar 6-8 jam sehari dan beberapa bahkan dapat mencapai tinggi 16 kaki. Tinggi yang berbeda berdasarkan varietasnya.

3. Mengikuti Arah Matahari

Bunga merupakan jenis heliotropisme, atau mengikuti gerak matahari, dari timur ke barat. Kuncup bunga dan bunga muda akan menghadap ke timur di pagi hari dan mengikuti matahari saat bumi bergerak di siang hari.

Ketika bunga memproduksi benih sehingga berdampak pada semakin beratnya bobot tanaman, maka batang bunga yang tumbuh semakin dewasa umumnya akan tetap mengarah ke timur. Sehingga dapat dikatakan bahwa.

4. Memiliki Sejarah Penyembuhan

Beberapa suku Indian di Amerika  memanfaatkan bunga matahari sebagai obat seperti suku Cherokee yang memanfaatkan daun bunga matahari sebagai obat untuk ginjal, dan suku Dakota yang mempercayai bunga matahari untuk penyembuhan rasa nyeri di dada dan masalah paru-paru.

5. Diolah Menjadi Bahan Makanan

Biji bunga matahari sangat populer diolah sebagai cemilan yang nikmat yang kita kenal sebagai kuaci.

Selain itu, biji tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan jenis makanan, seperti di Jerman, yang diolah menjadi tepung gandum hitam dan dijadikan makanan yang disantap bersama Sonnenblumenkernbrot, yaitu sejenis roti.

6. Terdiri dari Ribuan Bunga Kecil

Setiap kelopak terdiri dari banyak kelopak-kelopak bunga yang kecil. Kelopak yang di luar disebut kuntum sinar, dan tidak bisa bereproduksi. Namun, bagian tengah kelopak, terdapat benih yang berkembang dan memiliki organ reproduksi jantan dan betina yang bereproduksi dan menghasilkan biji bunga matahari.

Penyerbukan sendiri atau mengambil serbuk sari oleh angin atau diangkut oleh serangga. Jika waktunya sudah tepat, bunga kecil itu akan berubah menjadi biji bunga matahari yang sering dijadikan bahan-bahan pembuatan makanan. Biji bunga matahari ini dapat dipanen jika mahkota pada bunga tersebut telah rontok dan mengering.

7. Bunga Matahari Tertinggi di Dunia Mencapai 10 Meter

Mantan tentara bernama Hans-Peter Schiffer memgang rekor dunia Guinness World Record pada musim panas tahun 2014. Bunga Matahari tertinggi di dunia selama tiga tahun berturut-turut. Dibutuhkan satu pasukan pemadam kebakaran untuk membantu mengukur tinggi bunga matahari ini.

8. Berguna sebagai Dimanfaatkan sebagai Sabut Cuci

Kepala bunga matahari yang telah kosong dari biji dapat dimanfaatkan sebagai bantalan scrubbing sekali pakai untuk membersihkan peralatan dapur ataupun keperluan rumah tangga.

Related

Sains 4075306559534460689

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item