Jumat, 24 Januari 2020

Ada Apa dengan Sampah Plastik?


Sampah Plastik

Kita sering sekali memakai produk berbahan plastik, biasanya yang sering kita jumpai itu botol plastik minuman. Walaupun di kemasan botol tersebut terdapat logo ♻️“ Dapat di daur ulang”. Tapi tidak semuanya di daur ulang, hanya beberapa sampah plastik. 

Menurut statistik dari IBISWorld, sekitar 6 miliar botol plastik dibuang setiap tahunnya. Dari 6 miliar itu, hanya 30% yang didaur ulang.

Senada juga dengan data tersebut, menurut laporan dari Greenpeace, enam perusahaan pembuat soft drink terbesar di dunia mengatakan bahwa hanya 6,6% dari keseluruhan botol mereka, dibuat dari plastik yang didaur ulang. 

Oleh karena itu, kita sangat perlu sekali mengurangi memakai botol plastik, karena untuk mengurai sampah berbahan plastik memerlukan waktu kurang lebih 450 tahun untuk di urai. Atau kita dapat memanfaat botol plastik itu dengan membuat barang-barang kerajinan tangan dari bahan bekas sampah plastik.

Kita memerlukan Kesadaran penuh akan bahaya sampah plastik.Oleh karena itu, mulai lah membawa botol minum dari rumah, ataupun mencoba mendaur ulang sampah plastik agar lebih bermanfaat dan tidak menjadi limbah.

Reporter: Rizqatasyaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buletin Info Natural Edisi 99

Ilustrasi Sampul Buletin Info Natural Edisi 99 Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Natural Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam...