Antisipasi Diri dari Virus Corona dengan Masker

Doc. Suara.com Virus Corona yang baru-baru ini sedang meresahkan banyak negara menimbulkan dampak yang sangat besar, terlebih lagi bel...

Doc. Suara.com

Virus Corona yang baru-baru ini sedang meresahkan banyak negara menimbulkan dampak yang sangat besar, terlebih lagi belum ada vaksin atau obat yang dapat melawan penyakit pernapasan ini.

Dilansir dari Kompas.com, hal yang pertama dilakukan untuk mengantisipasi diri terkena virus tersebut dengan memakai masker.

Ketua perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.K(K) mengatakan, salah satu upaya pencegahan penularan virus corona adalah dengan memakai masker.

Para ahli menemukan bahwa penggunaan masker jenis apapun dapat mengurangi risiko infeksi pada pekerja perawatan kesehatan sebesar 85 persen dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama wabah Corona SARS berlangsung.

Ini berarti penggunaan masker jenis apapun secara konsisten dapat mengurangi risiko terkena maupun tertular virus Corona. Oleh karena itu, pengunaan masker sangat di anjurkan selagi peneliti mencari vaksin dan obat untuk melawan virus tersebut.

Hal tersebut di sampaikan oleh spesialis penyakit menular di McMaster University di Hamilton, Ontario, Mark Loeb.

"Pesan yang paling penting adalah risikonya lebih rendah jika mereka secara konsisten menggunakan masker jenis apapun," tuturnya.

Dokter penyakit menular, dr. Amesh Adalja di Johns Hopkins Center for Health Security menambahkan, masker dapat membantu menjaga tubuh agar tetesan cairan saat orang lain bersin atau batuk tidak mengenai kita.

Para ahli mengatakan penyebaran virus ini salah satunya dapat melalui udara. Sehingga, pentingnya memakai masker secara konsisten adalah untuk mengantisipasi diri agar tidak terkena virus Corona.

Dilansir dari CNN Indonesia, seorang ilmuwan di John Hopkins Centers for Health Security menjalankan simulasi apabila virus Corona mencapai skala pandemi, hasilnya 65 juta orang bisa mati dalam waktu 18 bulan.

Betapa bahayanya virus yang saat ini sedang menjadi isu global bagi banyak negara karena belum ditemukannya vaksin yang mampu melawan virus tersebut.

Mari antipasi diri dengan menggunakan masker secara konsisten.


 Reporter: Yoga

Related

Berita Sains 498734665968917285

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item