Daftar Vaksin Pencegah Pneumonia. Apa saja?

Pneumonia  atau bisa disebut dengan penyakit radang paru-paru ini disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau parasit. (Doc. kompas.com) ...

Pneumonia atau bisa disebut dengan penyakit radang paru-paru ini disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau parasit.
(Doc. kompas.com)


Pneumonia atau bisa disebut dengan penyakit radang paru-paru ini disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau parasit. Penyakit ini dapat mempengaruhi siapapun dan tidak memandang usia. Pada umumnya Pneumonia dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi.

Dilansir dari kompas.com, berdasarkan Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PP-PDPI), DR. Dr. Erlina Burhan, M.Sc., Sp.P(K)., mengatakan bahwa penyakit paru-paru berupa Pneumonia yang dapat menyebabkan kematian sebenarnya dapat dicegah.

Ada beberapa vaksin yang sudah dibuat untuk mencegah penyakit Pneumonia. Beberapa vaksin tersebut adalah sebagai berikut :

1. Vaksin Pneumokokus PCV13
Vaksin PCV13 adalah Pneumococcal Conjugate Vaccina (PCV) yang memberikan kekebalan tiga belas strain bakteri Strepcoccus Pneumonia, yang paling sering menyebabkan penyakit Pneumokokus pada manusia. Vaksin ini memiliki masa perlindungan sekitar tiga tahun dan utamanya ditujukan kepada bayi di bawah usia 2 tahun.

2. Vaksin Pneumokokus PPSV23
Vaksin PPSV23 memberikan kekebalan terhadap 23 strain bakteri Pneumokokus. Vaksin ini ditujukan untuk umur lebih dewasa, dengan usia 65 tahun ke atas, atau 2 hingga 64 tahun dengan kondisi khusus.

3. Vaksin HIB
Bakteri Haemophilus Influenzae  type B (Hib) merupakan penyebab utama Pneumonia dan radang otak (meningitis). Di Indonesia, vaksinasi Hib telah masuk program nasional imunisasi untuk bayi


Reporter : Siti

Related

Sains 965848449741636459

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item