Kemuliaan Membaca Al-Qur'an Terutama Surah Al-Kahfi Pada Hari Jumat

Doc. Detik com Membaca al-qur'an terutama surah al-kahfi khususnya pada hari jum'at memiliki banyak kemuliaan dan keutamaan ter...

Doc. Detik com
Membaca al-qur'an terutama surah al-kahfi khususnya pada hari jum'at memiliki banyak kemuliaan dan keutamaan tersendiri. 

Surat al-kahfi merupakan surat ke-18 dan memiliki 108 ayat. Surat ini termasuk golongan surat makkiyah. 

Dilansir dari berbagai sumber, surat al-kahfi memiliki keutamaannya tersendiri.

1. Terhindar dari Fitnah dajjal

Bagi umat islam yang membaca surat al-kahfi pada hari jum'at dapat menghindarkannya dari fitnah dajjal, yang mana dajjal merupakan salah satu dari tanda-tanda kiamat yang telat dijelaskan pada kita.

Nabi Muhammad SAW bahkan bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca Surat Al Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal.

Dari hadist Ibnu Umar R.A, berkata:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

2. Diterangi cahaya 

Nabi Muhammad pernah bersabda seseorang akan diberkahi cahaya antara dia dan Kakbah.

Arab: مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum'at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka'bah.(Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami' no. 6471)

Di hadist lainnya juga mengungkapkan bahwa membaca surat al-kahfi akan mendapatkan ridho dari Allah SWT dan mendapatkan cahaya keberkahan dari ujung kepala hingga ujung kaki. 

3. Diampuni dosa-dosanya.
4. Terhindar dr gangguan setan

Reporter: Amanda

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item