Mengenal Calon Dekan FMIPA Unila Periode 2020-2024

Berdasarkan pantauan Reporter Natural Unila, ada lima kandidat yang menjadi bakal calon Dekan FMIPA Unila. Namun, hanya tiga yang lolos ...


Berdasarkan pantauan Reporter Natural Unila, ada lima kandidat yang menjadi bakal calon Dekan FMIPA Unila. Namun, hanya tiga yang lolos menjadi calon Dekan FMIPA Unila Periode 2020-2024.
(Doc. Natural)


Pergantian Dekan FMIPA Unila telah sampai pada tahap pemaparan visi, misi,dan program kerja yang disampaikan pada Rapat Senat Terbuka. Rabu (29/01), di gedung Dekanta lantai 2 FMIPA Unila.

Berdasarkan pantauan Reporter Natural Unila, ada lima kandidat yang menjadi bakal calon Dekan FMIPA Unila. Namun, hanya tiga yang lolos menjadi calon Dekan FMIPA Unila.

Berikut nama calon dan visi, misi, dan program kerja Calon Dekan FMIPA periode 2020-2024 :

1.      Suripto Dwi Yuwono (No. Urut 01)

Adapun visi yang diangkat Calon Dekan FMIPA No. Urut 01 ini, "Membangun Kolaborasi, Merajut Harmoni, Bersatu dan Berprestasi untuk FMIPA yang Lebih Baik"

Program kerja yang telah dipaparkan oleh Suripto dalam acara Rapat senat terbuka Sosialisasi Visi, Misi, dan Program Kerja yaitu :
1)      Tata pamong, tata kelola, SDM dan kerja sama
2)      Peningkatan Iklim dan Mutu Akademik
3)      Infrastruktur, kemahasiswaan dan alumni
4)      Internasionalisasi kegiatan riset dan pengabdian

Suripto berharap agar setiap elemen yang ada di FMIPA Unila bersatu dan berkerja sama untuk mencapai prestasi demi FMIPA yang lebih baik.
Jika nantinya Suripto tidak terpilih ia memperbolehkan Dekan terpilih menggunakan pokok pikirannya.

"Jika nanti tidak terpilih menjadi dekan, pokok pikiran ini akan diserahkan kepada dekan terpilih, mana yang baik silahkan digunakan," ujar Dosen Jurusan Kimia.

2.      Buhani (No. Urut 02)

Selain Suripto, Burhani juga lolos menjadi Calon Dekan FMIPA yang termasuk Dosen di jurusan Kimia. Satu-satunya dosen perempuan yang menjadi Calon Dekan  memiliki visi, "FMIPA Maju dan Unggul yang Berdayasaing Nasional dan Regional".

Adapun beberapa misi, yaitu:
1)      Mengembangkan riset multi/inter/transdisiplin secara nasional dan regional
2)      Menguatkan proses pembelajaran berbasis riset dasar/terapan dan kewirausahaan setta revolusi industri 4.0
3)      Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset dasar/terapan dan kewirausahaan
4)      Mengoptimalkan jejaring nasional dan regional
5)      Menguatkan tata kelola fakultas yang baik didukung kualitas sumber daya manusia unggul
6)      Menguatkan sarana prasarana pendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi
7)      Meningkatkan soft competency untuk menciptakan lulusan berdaya saing

Burhani menjelaskan bahwa dia akan mengusahakan kerjasama yang baik. Hal ini dilakukan dengan cara sumber daya manusia, sarana prasarana, penelitian dan pengabdian, pendanaan haruslah terkontrol dengan baik guna tetap menjaga kualitas agar FMIPA maju dan unggul sesuai dengan visinya.

Calon Dekan No. Urut  02 ini pun sangat mendukung kegiatan mahasiswa selagi kegiatan tersebut positif. Mendukung dengan sarana prasarana dan dana, karena peran mahasiswa sangatlah penting dalam mewujudkan FMIPA yang unggul.

"Saya ingin mahasiswa FMIPA  ini maju tentu saja dengan program-program kreativitasnya, prestasi akademik dan non akademik. Kalau bisa unggul, agar ketika mahasiswa lulus selesai di MIPA ini dia mampu berkompetisi di luar sana dengan baik dan unggul," jelasnya.


3.      Admi Syarif (No. Urut 03)

Berbeda dengan Suripto dan Burhani, Calon Dekan selanjutnya calon adalah Admi Syarif dosen dari jurusan Ilmu Komputer (Ilkom) FMIPA Unila. Admi terpilih menjadi Calon Dekan FMIPA Unila periode 2020-2024 dengan nomor urut 03.

“Saya sudah menjadi dosen sejak 1992 di FMIPA ini, jadi dalam kesempatan ini saya melihat dengan segala hal yang saya miliki saya merasa bahwa ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi FMIPA Unila untuk menjadikannya lebih baik lagi,” tutur Admi.

Calon Dekan nomor urut 03 ini memiliki visi yang berbunyi, “SINERGI Untuk FMIPA UNGGUL” dan beberapa misi, yaitu:
1)      Mengembangkan riset regional dan internasional
2)      Menguatkan proses pembelajaran berbasis revolusi industri 4.0
3)      Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat pan dan kewirausahaan
4)      Mengoptimalkan jejaring kerjasama
5)      Menguatkan tata kelola unggul
6)      Menguatkan sarana dan prasarana pendukung tri dharma perguruan tinggi
7)      Menciptakan lulusan berdaya saing global

Admi mengatakan bahwa ia ingin menerapkan konsep modernisasi kampus agar FMIPA Unila mampu mengikuti perkembangan zaman yang sudah memasuki era revolusi industri 4.0. Beliau juga menjanjikan akan mendanai masing-masing jurusan yang ada di FMIPA Unila sebesar 400 juta rupiah tiap tahunnya.

“Saya berjanji akan memberikan minimal 400 juta rupiah kepada masing-masing jurusan tiap tahunnya agar bisa dimanfaatkan oleh jurusan tersebut untuk menunjang segala macam bentuk keperluan, mulai dari fasilitas jurusan yang bagus dan lain-lain,” jelas Admi ketika ditemui oleh Reporter Natural di Gedung Ilmu Komputer.

“Kalau saya terpilih menjadi Dekan tolong ingatkan semua janji-janji yang telah saya berikan dan kalau tidak terpilih saya dengan ikhlas menyerahkan program-program ini kepada dekan terpilih dan bersedia mendukung dengan pemikiran-pemikiran yang cemerlang,” tutup Admi.


Reporter : Amanda, Deva, Ferzy, dan Yuni

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item