Hati - Hati! Pemerintah Uji Coba Blokir Ponsel BM Mulai Hari Ini

Doc. Natural Unila Siapa yang tidak tahu dengan ponsel Black Market (BM)? Ponsel dari luar negeri yang biasanya dijual online di dalam...

Doc. Natural Unila

Siapa yang tidak tahu dengan ponsel Black Market (BM)? Ponsel dari luar negeri yang biasanya dijual online di dalam negeri ini masih menjadi incaran para pemburu gadget. Selain dari merek yang terkenal, seperti Iphone dan Samsung, kualitas produk yang baik dan harganya yang terjangkau pun menjadi alasan mengapa ponsel BM masih diminati. Hal ini dikarenakan ponsel BM yang dikirim dari luar negeri ini tidak terkena pajak saat dijual di Indonesia. Namun, berhati-hatilah karena mulai Senin (17/2/2020), pemerintah bersama operator seluler melakukan uji coba pemblokiran ponsel BM.


Dilansir dari detik.com, rencanannya aturan ini akan diberlakukan pada 18 April 2020. Upaya pemerintah dalam memberantas peredaran perangkat seluler ilegal terus dilakukan, di mana saat ini dengan cara pemblokiran ponsel BM lewat nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Beberapa waktu lalu, Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Mochamad Hadiyana mengatakan, pengujian pemblokiran ponsel BM akan digelar hari ini.

"Pengujian akan dilaksanakan di Telkomsel dan XL," kata Hadiyana.

Dikonfirmasi secara terpisah, Telkomsel mengungkapkan pihaknya pada prinsipnya akan mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah.

"Dan, terus berkoordinasi secara intensif dengan ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia) Kemenperin, Kemenkominfo, serta siap mendukung kebutuhan uji coba dalam proses penerapan regulasi IMEI," kata GM External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim.

Dalam pengujian ini juga pemerintah dan operator seluler akan mencoba dua skema pemblokiran yang saat ini tengah dicoba,  yaitu whitelist dan blacklist. Nantinya ponsel BM yang terbukti ilegal tidak akan menikmati layanan seluler yang disediakan operator seluler walau gadget sudah diisi dengan SIM card.

Ada tiga kementerian yang terlibat dalam aturan validasi IMEI ini, yaitu Kementerian Kominfo, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian. Masing-masing memiliki peran dalam memusnahkan ponsel ilegal yang ada di Indonesia.

Reporter : Andra

Related

Teknologi 7297638416123883220

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item