Keutamaan Shalat Subuh

Doc. Mooslem.blogspot Shalat 5 waktu merupakan perintah dari Allah SWT yang harus dikerjakan dan dilaksanakan umatnya sebagai kewaj...

Doc. Mooslem.blogspot


Shalat 5 waktu merupakan perintah dari Allah SWT yang harus dikerjakan dan dilaksanakan umatnya sebagai kewajiban sebagai umat Islam. Sebagai umat islam yg taat, kita harus mengerjakan solat untuk mendapatkan ridhonya bukan untuk disanjung oleh orang lain. 

Shalat subuh merupakan salah satu dari shalat 5 waktu yang harus kita lakukan, shalat ini dilakukan saat sebelum fajar atau sebelum matahari terbit dari timur. 

Shalat subuh sendiri memiliki banyak keutamaan, dilansir dari berbagai sumber berikut beberapa keutamaan solat subuh.

1.Shalat subuh mendatangkan rezeki (faktor dimudahkannya rezeki seseorang)

Shalat subuh dapat mendatangkan rezeki pada kita. Pada suatu ketika Rasulullah SAW seusai shalat subuh menjumpai putrinya masih dalam keadaan tidur. Maka Baginda Rasul tanpa sungkan membalikkan putrinya dan mengatakan. Bangunlah, saksikan rezeki dari Rabbmu, Allah SWT membagikan rezeki ke semua hamba-Nya antara subuh dan terbitnya matahari.

2.Shalat subuh sama dengan Shalat satu malam penuh.

Mendapatkan pahala shalat setara dengan melakukan shalat satu malam penuh ternyata bisa kita dapatkan dengan melakukan shalat subuh berjamaah. Rasullah Saw pernah bersabda:
مَن صلى العشاء في جماعة، فكأنما قام نصف الليل، ومن صلى الصبح في جماعة، فكأنما صلَّى الليلَ كلَّه

“Barang siapa yang melakukan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu.”(HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu)

3.Shalat subuh menjadi tolok ukur keimanan seseorang muslim.

Shalat subuh dan isya dapat menjadi tolak ukur keimanan seseorang. Dikarnakan solat ini merupakan solat yang paling berat dilaksanakan oleh orang orang munafiq. 

4.Shalat subuh menyelamatkan manusia dari siksa api Neraka Jahannam bagi yang mengerjakannya.

Keselamatan ini berlaku bagi mereka yang melaksanakan Shalat subuh, sebagaimana hadist berikut.
عن عُمارة بن رويبة رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: (لن يلج النارَ أحدٌ صلى قبل طلوع الشمس وقبل غروبها) رواه مسلم

Dari Umarah Radhiallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Tidak akan masuk Neraka seorang yang shalat sebelum terbitnya matahari (Subuh) dan terbenamnya matahari (Ashar).”(HR. Muslim)

Selain hal hal yang telah disebutkan diatas tentunya, masih banyak lagi keutamaan solat subuh. Semoga sebagai hamba allah kita termasuk golongan orang orang yang diridhoinya.

Reporter : Amanda

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item