Menangis dalam Doa

Doc. Belajarbacaandoa.com Termenung dalam kesendirian, ketenangan, dengan hati yang bersih, sejenak mengingat perlakuan kita sebagai H...

Doc. Belajarbacaandoa.com

Termenung dalam kesendirian, ketenangan, dengan hati yang bersih, sejenak mengingat perlakuan kita sebagai Hamba Allah  yang  tidak pernah lepas dari kesalahan. Saat ini, manusia setiap hari hanya memenuhi kesenangan dunia yang hanya sesaat. Terhitung kita kadang melupakan kewajiban sebagai umat muslim. Semua yang ada pada setiap manusia sekarang hanyalah titipan, yang dapat diambil oleh-Nya kapanpun, dimanapun, dan bagaimanapun caranya. (Kunfayakun) sekejap mata semua dapat habis seketika. Sungguh setiap hembusan nafas ialah perjalanan menuju akhirnya kehidupan dunia. 

Menangis adalah ungkapan kalimat yang tidak dapat diungkapkan sepenuhnya dengan bahasa lisan. Tangisan yang keluar karena perasaan cinta kepada seseorang, sakit hati karena cinta, kecewa, dan lain-lain. Tetapi, betapa indahnya tetesan air mata yang mengalir dari kelopak mata karena takut, cemas, hingga harapan akan kehadirat Ilahi bukan? Sebagian, mungkin menjawab begitu indah tetesan karena rasa tersebut kepada Sang  Ilahi. Selainnya, menjawab tidak. 
Allah berfirman, “Dan sujudlah mereka sambil menangis, dan bertambah khusyuk.” (QS Al Isra [17]: 109). 
Tangisan yang keluar akan menambah rasa khusyuk dan keyakinan kepada Ilahi, bahwa akan terbebaskan dari beban yang berat di dunia maupun akhirat.
Rasulullah SAW bersabda, "Tidak akan masuk ke dalam neraka seorang yang pernah menangis karena takut kepada Allah.”  (HR Tirmizi dalam Riyaduh Shalihin, I/393).
Imam Abu Dawud meriwayatkan, “Saya datang kepada nabi  SAW, sedangkan beliau melaksanakan shalat, maka terdengar napas tangisannya bagaikan suara air mendidih dalam bejana.” (HR Abu Daud dari Abdullah bin as-Sykhir RA dalam Riyadus Shalihin, I/394).

Sungguh indah menangis karena rasa berserah kepada Sang Pencipta alam semesta. Sehingga memberikan ketenangan saat berserah seluruhnya kepada Allah SWT. Menangislah dalam doa untuk merendahkan hati dan jiwa yang keras, sehingga akan membawa perasaan kita menjadi lebih tenang dan peka terhadap kondisi yang akan kita hadapi. Sesungguhnya, air mata yang mengalir karena doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT dan memohon kepada-Nya, Insyaallah akan ada ijabah ilahiyah yang tersenyum. 

Reporter: Aniis

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item