Rabu, 12 Februari 2020

Rozita, Tenaga Kesehatan Pasien Penyakit Kusta

Doc. Detik.com


Rozita, tenaga kesehatan PNS di Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Lebih dari 25 tahun mengabdi, ia tak pernah mengeluhkan soal jabatan, selalu bertualang dalam mengemban misi mengajak masyarakat untuk hidup sehat.

Dilansir dari m.detik.com, sosok wanita ini pernah tercatat di tahun 2006 lalu memegang program penyakit kusta.
Tak mudah baginya meyakinkan masyarakat, bahwa penyakit tersebut juga ada obatnya.

"Penderita penyakit kusta selama ini selalu dikucilkan, masyarakat minim pengetahuan yang menanggap itu adalah kutukan. Tugas yang saya emban, bagaimana mengedukasi masyarakat bahwa penyakit itu bisa dicegah dan disembuhkan," tuturnya.

Bertahun-tahun lamanya, sosok ibu kelahiran Bukit Tinggi, Sumatera Barat itu tak mengenal rasa jenuh. Dia harus hilir mudik dari satu desa ke desa lainnya yang masyarakatnya terkena kusta. 

"Awalnya dulu saya juga berfikir takut menangani kusta karena bisa menular. Setelah saya pelajari penyakit ini dengan keyakinan penuh mendedikasikan diri untuk pasien kusta," ujarnya.

Kepiawaiannya dalam penanganan pasien kusta, Kemenkes selalu menjadikannya pelatih untuk tenaga kesehatan lainnya secara nasional. 

Rozita telah mengangkat nama baik Provinsi Riau yang mampu dalam penanggulangan pasien kusta terbaik. Keberhasilannya itu, membuat Pemprov Riau tahun 2009 lalu berkomitmen mengeluarkan anggaran kusta terbanyak di seluruh Indonesia.



Reporter : Anindya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menuju Kancah Internasional, FMIPA Unila Torehkan Prestasi di Berbagai Bidang

  Dok. Natural Rapat Luar Biasa Senat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) dalam rangka Dies Na...