Teknologi Modern 3D Printer Mudahkan Proses Kerja

Doc. Fomustudio.com Dalam teknologi saat ini sudah tidak asing lagi mengenai percetakan, dalam percetakan sudah pasti ada yang namany...

Doc. Fomustudio.com


Dalam teknologi saat ini sudah tidak asing lagi mengenai percetakan, dalam percetakan sudah pasti ada yang namanya printer. Printer merupakan salah satu alat yang biasa digunakan untuk mencetak gambar atau tulisan ke media seperti kertas, plastik atau media lainnya. Namun pernahkah Anda mendengar tentang 3D printer? 3D Printer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membuat atau mencetak benda padat atau 3 dimensi dari desain format yang sudah ada dibuat kedalam bentuk 3D yang tidak hanya kasat mata namun juga dapat dipegang dan memiliki volume.

Dilansir dari fomustudio.com, 3D printer salah satu bukti bahwa teknologi merambah semua aspek tidak hanya sekedar gadget, gaya hidup atau pekerjaan saja. Cara kerja 3D printer ini sebenarnya sama atau sejenis dengan printer konvensional yang bisa digunakan untuk menciptakan layer atau lapisan berwarna sehingga akan menghasilkan objek 3D yang Nampak seperti wujud aslinya. Namun yang membedakan yaitu yang dipakai bukan lagi tinta cetak biasa tetapi jenis plastik molten wax dan bahan lainnya seperti logam atau besi sehingga nantinya bisa menciptakan jenis model bentuk yang diharapkan. Prinsipnya dalam printer 3D ini adalah yang dibutuhkan sebagai modal utama untuk menghasilkan benda 3D adalah data digital 3 dimensi yang dikenal dengan istilah CAD (Computer Aided Design) yang mana bentuknya adalah aplikasi namun bisa menampilkan data dalam format 3D secara langsung.

Untuk sistem kerja dari 3D printer ini terdapat tiga tahapan yang berbeda, yaitu:

1. Membuat model 3D
Dalam proses pembuatan model dari objek 3D harus menggunakan software khusus untuk bisa mendesain model 3D yang nantinya bisa mendukung printer yang ada untuk mencetak objek tersebut.

2. Printing Process
Sebelum lanjut ke tahap ini pastikan bahwa desain 3D yang Anda siapkan telah matang dan siap untuk bisa langsung print desain tersebut. Proses pencetakan desain tentu akan berbeda-beda antara desain satu dengan yang lainnya karena beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain ukuran, desain, volume, kerumitan desain dan masih banyak lagi yang lainnya. Prinsip dasar dalam proses ini ini adalah Additive layer yang mana prosesnya mulai dari mesin membaca desain 3D lalu akan melakukan proses penyusunan setiap layer secara bertahap.

3.Finishing Process
Dalam tahap terakhir ini bisa digunakan untuk menyempurnakan bagian yang belum begitu sempurna misalnya saja disebabkan oleh ukuran yang ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Teknik yang digunakann dalam tahapan ini yaitu multiple material techniques.
Sebenarnya, printer 3D sudah lama muncul, hanya saja teknologi yang digunakan belum secanggih saat ini. Di Indonesia sendiri masih sangat terbatas yang memilikinya karena memang harganya yang tidak murah.

Diciptakannya 3D printer ini bukan tanpa alasan, banyak kegunaan lain dari 3D printer ini diantaranya untuk dunia kesehatan, untuk membuat mainan anak-anak, untuk dunia otomotif dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya.


Reporter: Mayda

Related

Teknologi 3427944652541098248

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item