WOW!! Indonesia Kembangkan Vaksin untuk Virus Corona 

Doc. Associated Press Photo Naturalunila – Vaksin untuk virus Corona yang mengancam dunia diklaim sedang dikembangkan oleh Lembaga Bi...

Doc. Associated Press Photo

Naturalunila – Vaksin untuk virus Corona yang mengancam dunia diklaim sedang dikembangkan oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dengan PT Bio Farma (persero).

Dilansir dari CNN Indonesia, Peneliti LBM Eijkman David Handojo Muljono mengatakan pihaknya tengah memastikan ketersediaan isolat [mengobservasi] virus corona sebelum membuat vaksin.

"Telah dilakukan pembahasan awal dengan PT Bio Farma untuk mengembangkan vaksin terhadap virus 2019-nCoV," ujar David di Kantor LBM Eijkman, Jakarta, Rabu (12/2).

David menuturkan pembuatan vaksin Covid-19 sejatinya tidak sepenuhnya bergantung dari isolat. Dia berkata pihaknya menguasai kemampuan bioinformatika untuk melakukan kajian in-silico (menggunakan komputer) untuk mengidentifikasi bagian-bagian antigenik dari Covid-19. Dia berkata langkah itu bisa dilakukan karena tersedianya informasi genetik virus Covid-19 yang sudah tersedia di Gene-Bank.

"Jika sudah diperoleh isolat virus 2019-nCoV, kajian antigenisitas dapat dilakukan secara langsung dari partikel virus," ujarnya.

Lebih lanjut, David menyebut LBM Eijkman dan PT Bio Farma akan bekerjasama dengan sejumlah rumah sakit pendidikan untuk melakukan uji coba vaksin. Pihaknya juga akan menjalin kerjasama penelitian seperti dengan Universitas Airlangga yang memiliki laboratorium Bio Safety Level 3.

Adapun lama waktu pembuatan vaksin, David enggan memastikan meski lebih cepat dari beberapa tahun lalu karena ada perkembangan teknologi. Sebab, dia kembali berkata kecepatan pembuatan vaksin tergantung dari ketersediaan kandidat vaksin hingga uji coba.

"Kalau hanya berdasarkan beberapa atau belas isolat kita memang bisa membuat vaksin. Tapi apakah itu cocok dengan belahan dunia lain," ujarnya.

"Soal produksinya itu sebetulnya tidak terlalu lama. Ya sekitar satu setengah tahun masuk akal," ujar David.

Vaksin untuk virus corona yang teridentifikasi di kota Wuhan, Tiongkok ini pun tak hanya sedang dikembangkan di Indonesia saja, tetapi para ilmuwan dunia juga sedang membahas vaksin untuk virus mematikan tersebut.

Dilansir dari news.detik.com , WHO menggelar pertemuan para pakar untuk mempercepat pengembangan obat dan vaksin yang bisa membantu memperlambat penyebaran wabah virus corona yang teridentifikasi di kota Wuhan. 

Hingga Selasa (11/2) ini, total 1.018 orang meninggal akibat wabah virus corona di China, Hong Kong dan Filipina. Lebih dari 43 ribu kasus virus corona terkonfirmasi di sedikitnya 20 negara, dengan 99 persen kasus ada di wilayah China daratan.
Reporter: Ahya

Related

Sains 6316667902739387698

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item