Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur

Doc. Muslim.or.id Mendengar kata wudhu sudah pasti tidak asing lagi bagi umat muslim, bahkan umat non muslim pun pasti pernah mendeng...

Doc. Muslim.or.id


Mendengar kata wudhu sudah pasti tidak asing lagi bagi umat muslim, bahkan umat non muslim pun pasti pernah mendengar kata wudhu. Namun, apa sebenarnya arti dari kata wudhu itu sendiri?

Wudhu menurut bahasa artinya bersih atau indah. Wudhu menurut istilah syariah islam artinya membersihkan anggota wudhu dengan air yang suci dan mensucikan sesuai dengan syarat dan rukun tertentu bertujuan untuk menghilangkan hadas kecil.

Wudhu adalah suatu praktek ibadah bagi seorang muslim yang akan melaksanakan ibadah shalat, sehingga apabila seseorang hendak melaksanakan shalat baik itu solat yang diwajibkan ataupun solat yang disunnahkan maka harus diawali dengan wudhu. Sehingga ringkasnya wudhu dengan shalat itu satu paket.

Namun, tahukah anda bahwa dalam islam sendiri juga menyarankan agar bisa berwudhu terlebih dahulu sebelum tidur malam.

Dilansir dari KonsultasiSyariah.com, bahwa ada banyak manfaat dari wudhu sebelum tidur, diantaranya orang tersebut akan tidur dalam kondisi suci, agar ketika kematian menjemputnya, dia berada dalam keadaan sempurna. Kesucian hati lebih diutamakan dari pada kesucian benda. Kemudian, diantara manfaat wudhu ini untuk mengundang mimpi yang baik dan dijauhkan dari permainan setan ketika tidur.

Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadist yang berbunyi "Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya didalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hambamu si Fulan karena tidur dalam keadaan suci'." (HR. Ibn Hibban 3/329).

Reporter : Mayda

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item