Mencuci Tangan Lebih Efektif Mencegah Virus Covid-19, Dibandingkan Hand Sanitizer

Doc. Kompas.com Banyak masyarakat Indonesia semakin sadar akan perilaku hidup bersih dan sehat setelah Indonesia positif Covid-19 . Sal...

Doc. Kompas.com
Banyak masyarakat Indonesia semakin sadar akan perilaku hidup bersih dan sehat setelah Indonesia positif Covid-19. Salah satunya adalah dengan kesadaran pentingnya cuci tangan dengan sabun. Selain itu, hand sanitizer juga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Dilansir dari Kompas.com, para ahli sepakat, cuci tangan dengan sabun jauh lebih efektif mencegah virus, termasuk virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19, dibanding hand sanitizer.

Kita semua memang mencuci tangan setiap hari. Tetapi mungkin kita sangat jarang melihat orang mencuci tangan dengan sabun selama 20 sampai 30 detik.
Durasi mencuci tangan dengan sabun selama 20 sampai 30 detik inilah yang disarankan para ahli di seluruh dunia.

Salah satu aktris berkebangsaan AS, Kristen Bell, pada Rabu (4/3/2020), mengunggah serangkaian foto yang menunjukkan perbedaan tingkat kebersihan antara tangan yang tidak dicuci, setelah bersalaman dengan orang lain, dan setelah cuci tangan.

Dilansir dari Business Insider, Sabtu (7/3/2020), tangan dalam foto di atas menggunakan Glo-Germ, minyak mineral yang bisa menangkap seberapa banyak kuman dan dapat dilihat di bawah sinar UV.

Dari foto dalam postingan Kristen Bell, tampak perbedaan besar antara tangan yang dicuci dengan sabun selama 15 detik dan 30 detik.

Saat tangan dicuci dengan sabun selama 15 detik, tampak masih ada beberapa bakteri yang menempel di kerutan dan buku-buku jari.

Namun tangan yang dicuci dengan sabun selama 30 detik, tampak bahwa bakteri-bakteri itu hilang. Sudah terlihat bahwa mencuci tangan lebih efektif dapat menghilangkan bakteri dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer.

Reporter: Widiya

Related

Kesehatan 4706990584281317190

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item