Tips - Tips Kuliah Online

Sumber : Kompas.com Menanggapi keputusan rektor mengenai pencegahan penyebaran Covid-19 yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang berk...

Sumber : Kompas.com

Menanggapi keputusan rektor mengenai pencegahan penyebaran Covid-19 yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan keramaian orang akan ditunda dan kegiatan mengajar dilakukan melalui jarak jauh ataupun Dalam Jaringan (Daring). Menanggapi keputusan tersebut berikut ini adalah tips-tips yang harus dilakukan saat kuliah secara online:

1. Siapkan kuota internet ataupun wi-fi

Seperti judul diatas, kuota internet menjadi salah satu hal terpenting dalam kuliah online. Baik lewat email, sosmed, ataupun vidio call semua membutuhkan internet untuk berhubungan saat kuliah.

2. Pilih tempat yang memadai

Walaupun kelas perkuliahan dilakukan secara online, bukan berarti semua tempat bisa digunakan untuk berkuliah. Mahasiswa perlu mencari tempat yang nyaman agar bisa fokus menyimak perkuliahan. Hal ini penting karena ada kemungkinan agar anda dapat memahami materi bukan malah tidur

3. Berkomitmen pada jadwal yang sudah dirancang

Kuliah secara online membutuhkan komitmen yang tinggi dan perlu manajemen waktu yang baik. Walaupun kuliah online itu terkesan serba cepat dan praktis, namun nyatanya tak seperti yang dipikirkan,manajemen waktu harus sangat diperhatikan. Mahasiswa harus cermat memilih kapan harus mengerjakan tugas dan kapan harus beristirahat. 

4. Motivasi yang kuat

Mahasiswa perlu membangun motivasi yang kuat agar mampu menjalani perkuliahan online dengan lancar. Terlalu banyak mengeluh bisa saja membuatmu semakin tertinggal dalam perkuliahan. Perbanyak pemahaman melalui pertanyaan-pertanyaan mengenai materi yg diajarkan .

5. Menghubungi pengajar sesegera mungkin

Menjalin komunikasi dengan pengajar lebih awal dapat membantu mahasiswa dalam membangun kepercayaan diri dan pemahaman yang lebih baik sebelum kelas online dimulai. Hal ini juga sebagai pembuktian bahwa mahasiswa tersebut memiliki minat dan komitmen yang kuat untuk menyelesaikan kuliah online dengan hasil yang maksimal.

Semua ini hanyalah tips tips yang dapat membantu anda dalam perkuliahan secara online, selanjutnya tergantung anda bagaimana menanggapinya secara serius. Memang masih banyak sekali kekurangan yang ditimbulkan akibat kuliah secara online ini, mulai dari tugas yang terlalu banyak, belum terlalu paham tentang materi, deadline tugas yang terlalu dekat dan banyak lagi keluhan- keluhan mahasiswa yang lainnya yang diakibatkan karena belum adanya kesiapan baik dari mahasiswa maupun dari dosen tentang pembelajaran secara online ini.

Oleh karena itu marilah berdoa agar keadaan semakin membaik dan kita semua dapat menjalani semua kegiatan kita seperti sedia kala kembali.

Reporter: Elka

Related

Tips-tips 8070652531011328458

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item