Bayangan Jadi Sumber Energi Listrik

Doc. Royal Society of Chemistry Bayangan sering kali terabaikan namun kini telah ditemukan kegunaannya. Hal ini bukan sekedar fiksi il...

Doc. Royal Society of Chemistry

Bayangan sering kali terabaikan namun kini telah ditemukan kegunaannya. Hal ini bukan sekedar fiksi ilmiah. Hasil penelitian yang mengemukakan bayangan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. 

Dilansir dari NUS News, Minggu (14/6/2020) terobosan penelitian tim dari NUS Material Science and Engineering serta NUS Physics berhasil memanfaatkan kontras dalam pencahayaan antara area yang menyala dan dibayangi untuk menghasilkan listrik. Perangkat yang disebut shadow-effect energy generator (SEG) telah dilaporkan tercatat dalam jurnal ilmiah Energy & Enviromental Science pada 15 April 2020.

“Bayangan ada di mana-mana, dan kita sering membiarkannya begitu saja. Dalam tenaga surya konvensional atau aplikasi optoelektronik di mana sebuah sumber cahaya yang stabil digunakan untuk menggerakkan perangkat. kehadiran bayangan tidak dibutuhkan, karena bayangan mengurangi performa perangkat. Dalam pekerjaan ini kita memanfaatkannya pada kontras cahaya yang disebabkan oleh bayangan sebagai sumber daya tidak langsung. Kontras pada cahaya menginduksi perbedaan voltase antara bayangan dan bagian yang diterangi sehingga menghasilkan sebuah arus. Konsep baru dari memanen energi dalam kehadiran bayangan ini tidak pernah terjadi sebelumnya", jelas asisten ketua tim peneliti Profesor Tan Swee Ching yang berasal dari NUS Material Science and Engineering. SEG terdiri dari satu set sel SEG yang tersusun atas sebuah plastik film fleksibel dan transparan. Setiap sel SEG merupakan lapisan tipis dari emas yang diendapkan di atas silikon tipis.

Tim yang beranggotakan enam orang membutuhkan waktu enam bulan untuk membuat konsep, mengembangkan, dan menyempurnakan perangkat. Pada fase penelitian selanjutnya tim NUS akan bereksperimen dengan bahan selain emas untuk mengurangi biaya SEG. Peneliti NUS juga mengembangkan sensor mandiri dengan fungsi serba guna, serta SEGS yang dapat melekat pada pakaian untuk menghasilkan energi selama beraktifitas sehari-hari. Hal lain yang menjanjikan dipenelitian ini adalah pengembangan panel SEG dengan biaya rendah untuk efisiensi pemanenan energi dari pencahayaan di dalam ruangan.

Reporter : Zamhara

Related

Sains 3257882879480978709

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item