Keutamaan Bagi Orang yang Sabar

Doc. Okezone.com Sabar diartikan sebagai tahan menghadapi cobaan, tidak mudah marah, dan tidak lekas putus asa. Sabar juga berarti tena...

Doc. Okezone.com
Sabar diartikan sebagai tahan menghadapi cobaan, tidak mudah marah, dan tidak lekas putus asa. Sabar juga berarti tenang dan dapat mengendalikan emosi dan diri saat diterpa banyak godaan dan ujian.

Dalam kondisi seperti saat ini di wabah virus Covid-19 yang sedang menjadi cobaan bagi seluruh umat di dunia. Maka sabar dan juga ikhlas merupakan hal yang harus dilakukan disaat seperti ini.

Dilansir dari CNN Indonesia, terdapat beberapa keutamaan dan janji Allah untuk orang yang sabar banyak terdapat di dalam Al-Qur’an. Berikut ini keutamaan dan balasan bagi orang yang sabar :

1.  Kesudahan yang baik.
Allah SWT menjanjikan orang-orang yang sabar menuai kesudahan yang baik setelah melewati cobaan dan ujian yang diberikan. Janji Allah ini terdapat dalam surat Hud ayat 49 dan Ar-ra'd ayat 22.

2. Keberuntungan.
Allah SWT juga bakal memberikan keberuntungan bagi orang-orang yang sabar, sesuai dengan surat Ali Imran ayat 200.

3. Disukai Allah.
Sesuai surat Ali Imran ayat 146, Allah SWT berfirman Allah menyukai orang-orang yang sabar.
Dalam surat Al-Anfal ayat 46 dan Al-Baqarah ayat 249 disebutkan bahwa Allah SWT bersama orang-orang yang sabar.

4.  Diberi petunjuk.
Allah bakal memberikan kabar gembira, petunjuk, berkah, dan rahmat-Nya kepada orang-orang yang sabar. Hal ini sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 155-157.

5. Martabat yang tinggi di surga.
Di akhirat, Allah menjanjikan martabat yang tinggi bagi setiap orang yang menjalani kehidupan di dunia dengan sabar.

Reporter: Mayda

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item