Minggu, 05 Juli 2020

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran untuk Perguruan Tinggi Tahun Ajaran 2020/2021

Doc. Kemendikbud
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) mengumumkan tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Senin (15/06) di akun Youtube Kemendikbud RI.

Dilansir dari Tribunnews.com, penyusunan panduan ini melibatkan Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Pembelajaran untuk Tahun Ajaran 2020/2021 di lingkungan perguruan tinggi akan tetap dimulai pada Agustus 2020 dan Tahun Akademik Pendidikan Tinggi Keagamaan 2020/2021 dimulai pada September 2020. 

Metode pembelajaran yang diterapkan untuk mata kuliah teori di semua zona wilayah diterapkan secara daring, begitu pula untuk mata kuliah praktik sedapat mungkin diterapkan secara daring. Jika mata kuliah tidak dapat diterapkan secara daring, mata kuliah diletakkan di bagian akhir semester.

Selain itu, pemimpin perguruan tinggi di semua zona wilayah hanya dapat mengizinkan aktivitas mahasiswa di kampus jika memenuhi protokol kesehatan dan kebijakan yang dikeluarkan direktur jenderal terkait. Kebijakan ini mencakup kegiatan yang tidak dapat digantikan secara daring, seperti penelitian di laboratorium untuk skripsi, tesis, dan disertasi. Berlaku juga untuk tugas laboratorium, praktikum, studio, bengkel, dan kegiatan akademik/vokasi serupa.

Reporter: Ferzy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buletin Info Natural Edisi 99

Ilustrasi Sampul Buletin Info Natural Edisi 99 Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Natural Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam...