Salat Dhuha Membuat Awet Muda

Doc. Merdeka.com Ibadah salat Dhuha merupakan salat sunnah yang dilakukan di waktu pagi. Waktu pelaksanaannya dilakukan pada 20 menit s...

Doc. Merdeka.com
Ibadah salat Dhuha merupakan salat sunnah yang dilakukan di waktu pagi. Waktu pelaksanaannya dilakukan pada 20 menit setelah matahari terbit hingga 15 menit sebelum waktu Dzuhur tiba.

Tata cara pelaksanaan salat Dhuha sama seperti salat pada umumnya yaitu di mulai dari takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Namun perbedaannya terletak pada niatnya. dan jumlah rakaat pada salat Dhuha. Rakaat pada salat Dhuha berjumlah minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat dengan pada 2 rakaat diakhiri dengan satu salam.

Dilansir dari Merdeka.com, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika rajin dan ikhlas melaksanakan salat Dhuha. Diantaranya sebagai berikut:

Dicukupkan kebutuhannya
Salat dhuha memiliki manfaat melancarkan rezeki, seperti pada hadist Rasulullah SAW, dari Nu’aim bin Hammar Al Ghathafani, Rasulullah SAW bersabda:
“Allah Taala Berfirman : Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat sholat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.”(HR Tirmidzi no 475, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami no 4342).

Diampuni Dosanya
Seseorang yang rajin salat Dhuha, maka ia akan diampuni dosanya oleh Allah SWT, meski sebanyak buih di laut, seperti yang tertulis dalam hadist yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Ibnu Majah.
Artinya:”Siapa yang membiasakan (menjaga) salat Dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”(HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Melancarkan Peredaran Darah
Manfaat lain dari salat Dhuha adalah melancarkan peredaran darah. Pada saat salat Dhuha tubuh akan menggerakkan semua otot yang masih kaku agar peredaran darah menjadi lancar dan badan terasa lebih segar dan bugar.

Terlihat Awet Muda
salah satu manfaat salat Dhuha yaitu akan terlihat awet muda. Hal ini karena sebelum salat kita akan berwudhu. Saat berwudhu, wajah akan terkena air wudhu , dan senantiasa kulit akan terjaga kesegaranya dan kelembabannya. Tidak hanya itu, jika kita berwudhu dan mengusap wajah secara merata dan benar serta tepat dapat membuat kulit akan menjadi kencang dan tidak mudah kendur.

Selain keempat manfaat di atas masih banyak lagi manfaat salat Dhuha jika kita melakukannya dengan rajin. Terlebih lagi jika melaksanakannya ikhlas karena Allah SWT maka akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Oleh sebab itu mulailah dari sekarang rajin melaksanakan salat Dhuha agar segala urusan kita di permudah dan selalu dekat dengan Allah SWT.

Reporter: Olivia

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item