Mengulik PKKMB Virtual di Era New Normal

PKKMB Universitas Lampung Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Lampung (Unila) tahun 2020/2021. Senin (21/09)...

PKKMB Universitas Lampung


Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Lampung (Unila) tahun 2020/2021. Senin (21/09), di Gedung Serba Guna (GSG) Unila. 


Kegiatan yang dilaksanakan pada 21-22 September ini, bertemakan “PKKMB Membentuk Mahasiswa yang Berkarakter di Era Revolusi Industri 4.0 dan Kehidupan Baru Pasca Pandemi Covid-19 (New Normal)”. Pelaksanaan PKKMB ini mengacu berdasarkan Surat Edaran oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 631/E.E2/KM/2020 pada 18 Juni 2020 mengenai Panduan Umum PKKMB tahun 2020.


Acara ini dihadiri oleh Ketua Senat, Anggota Senat, pemimpin setiap fakultas, Biro Unit Pelaksanaan Teknis (UPT), Lembaga Civitas, dan 5.406 mahasiswa Unila. Tidak hanya mahasiswa baru, tetapi juga mahasiswa lama yang mengikuti PKKMB-U saat ini.


Persiapan Mahasiswa Baru Unila dalam Mengikuti PKKMB Virtual

Perbedaan PKKMB tahun ini dengan tahun sebelumnya terletak pada pelaksanaan kegiatan yang berlangsung dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). Sejumlah 160 mahasiswa baru asal Kota Bandarlampung yang terdiri dari setiap fakultas untuk mengikuti PKKMB luring di GSG secara bergantian, sedangkan mahasiswa baru lainnya mengikuti melalui aplikasi zoom. Hal ini dilakukan guna menghindari penyebaran Covid-19. 


Pengenalan kampus dan penyampaian materi dilakukan secara virtual serta disiarkan langsung melalui portal Youtube Official Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Unila. Selain itu, ditayangkan pula Pengenalan Lembaga Kemahasiswaan (LK) Unila. Pelaksanaan PKKMB tetap memperhatikan protokol kesehatan bagi mahasiswa baru yang mengikuti secara luring di GSG. 


Papermob Virtual Universitas Lampung 


Menariknya PKKMB tahun ini, tradisi pelaksanaan papermob dilaksanakan secara virtual yang disiarkan langsung pada kanal Youtube Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM U) Keluarga Besar Mahasiswa  (KBM) Unila.


Menteri Dalam Negeri BEM U KBM Unila, Nabilsyah, menjelaskan formasi yang terbentuk dalam papermob virtual ini adalah sebanyak delapan formasi. Diantaranya logo Kabinet, logo PKKMB, logo Unila, logo Aku Cinta Unila, logo Nuwo Sesat dengan ber-Atap Siger, Bendera Merah Putih, 75 tahun RI, dan Save the Earth.


"Secara garis besar kendala ini pada jaringan, komunikasi, dan pengkondisian mahasiswa baru. Sedikit kesulitan pada pengkondisian peserta karena bersifat online dan tidak secara langsung, agar bisa sesuai dengan anjuran dan formasi yang telah ditentukan," tutup Nabilsyah.


Reporter:Aniisah, Juliana, Manda

Related

Universitas 7289395389125720110

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item