Jaringan 4G LITE di Bulan

Doc. Kompas.com Badan antariksa Amerika Serikat atau yang kita kenal dengan NASA membuat misi untuk terbang kembali ke Bulan pada 2024 menda...

Doc. Kompas.com


Badan antariksa Amerika Serikat atau yang kita kenal dengan NASA membuat misi untuk terbang kembali ke Bulan pada 2024 mendatang. Oleh karena iu, NASA berencana membangun jaringan 4G LTE di Bulan dengan menggandeng Nokia. Rencana tersebut dibuat karena dibutuhkannya jaringan yang mumpuni  untuk mendukung komunikasi dengan astronotnya. Nokia mengatakan bahwa sistem komunikasi broadband pertama di luar angkasa tersebut akan dibangun pada 2022 mendatang.  

Dilansir dari Kompas.com, untuk merealisasikan hal tersebut, NASA menggelontorkan dana 14,1 juta dollar AS ke Nokia. Pendanaan itu menjadi bagian dari pendanaan proyek Artemis yang diumumkan pada minggu lalu, yang nilainya mencapi 370 juta dollar AS. Menurut NASA Associate Administrator, James Reuter, jaringan seluler di Bulan bisa memudahkan para astronot dalam mengeksplorasi permukaan Bulan. “Nokia akan mencari tahu bagaimana teknologi terestrial bisa dimodifikasi agar bisa beroperasi di lingkungan Bulan, untuk memberikan komunikasi yang bisa diandalkan,” kata Reuter. Nokia juga menggandeng perusahaan asal Texas, Intuitive Machines untuk mengirimkan peralatan yang dibutuhkan ke Bulan. 

Reporter : Zida

Related

Sains 5677363273878463034

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item