Sejarah Lahirnya Hari Gizi Nasional

  Doc. Detik Health Gizi merupakan zat makanan pokok yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan badan. Gizi yang optimal sangat penting ...

 

Doc. Detik Health

Gizi merupakan zat makanan pokok yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan badan. Gizi yang optimal sangat penting untuk pertumbuhan normal serta perkembangan fisik dan kecerdasan pada bayi, anak-anak, remaja, serta seluruh kelompok umur. Masalah gizi di Indonesia terutama di beberapa wilayah bagian Timur dinilai masih tinggi. Tetapi, secara umum status gizi di Indonesia mengalami perbaikan yang signifikan. 

Upaya memperbaiki gizi masyarakat telah dimulai sejak tahun 1950. Upaya ini diawali ketika Menteri Kesehatan Dokter J Leimena mengangkat Prof. Poorwo Soedarmo sebagai kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR) atau yang lebih dikenal pada saat itu sebagai Institut Voor Volksvoeding (IVV) yang merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan. Prof. Poorwo Soedarmo kemudian dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia. Pengangkatan Prof. Poorwo Soedarmo yaitu untuk membantu menanggulangi permasalahan gizi buruk yang terjadi pada saat awal kemerdekaan. Banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kondisi gizi buruk pada awal kemerdekaan. Program utama dari perbaikan gizi ini yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya gizi untuk kesehatan.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan sehatnegeriku, Hari Gizi Nasional (HGN) diselenggarakan untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR pada tanggal 25 Januari 1951. Sejak saat itu, pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak Perguruan Tinggi di Indonesia. Akhirnya, pada tanggal 25 Januari  diperingati sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia

Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan oleh LMR pada pertengahan tahun 1960-an. Peringatan HGN merupakan momentum paling dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan.

Pada tahun ini, Hari Gizi Nasional bertemakan “Gizi Seimbang, Remaja Sehat, Indonesia Kuat”. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya gizi yang seimbang guna menunjang generasi remaja yang sehat dan menjadikan Indonesia tetap kuat dan kokoh. Dilansir pula dari Kompas.com, dengan memanfaaatkan momentum Hari Gizi Nasional pada 2021 ini diharapkan kepada pemangku kepentingan dan masyarakat agar bisa bergandeng tangan untuk meningkatkan perbaikan gizi pada remaja Indonesia.

Selamat Hari Gizi Nasional ke-61 

 

Reporter: Yuni

Related

Kesehatan 7119350910583753761

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item