Mengenal Lemak dan Minyak, Lipid yang Ada Dalam Makanan Kita

Doc. Safefood Lipid adalah senyawa organik rantai panjang yang tidak dapat larut dalam air dan terlarut dalam pelarut organik seperti alkoho...

Doc. Safefood


Lipid adalah senyawa organik rantai panjang yang tidak dapat larut dalam air dan terlarut dalam pelarut organik seperti alkohol, ether, dan kloroform. Nama "lipid" berasal dari bahasa Yunani, "lipos", yang berarti lemak. 


Pada umumnya, lipid tersusun atas atom karbon, hidrogen, oksigen, dan dalam beberapa kasus terdapat juga atom fosfor, nitrogen, sulfur, dan elemen-elemen lain. Dalam kehidupan makhluk hidup, lipid merupakan komponen penting yang paling dibutuhkan oleh tubuh selain karbohidrat dan protein. Contoh lipid yang terdapat pada tubuh manusia adalah kolesterol dan trigliserida, yang berfungsi sebagai sumber energi dan menjadi konstituen penting dalam struktur sel. 


Fungsi lain dari lipid dalam tubuh makhluk hidup antara lain:


  1. Sebagai sumber energi. 

Tahukah sobat kalau lipid bisa memberikan kita energi sekitar dua kali lebih besar dibandingkan protein dan karbohidrat? Lipid merupakan bentuk penyimpanan energi yang paling efektif dalam tubuh kita. 


  1. Insulasi termal atau panas. 

Mamalia mempunyai lapisan lipid di bawah kulitnya yang berfungsi sebagai insulasi termal sehingga mamalia tidak kehilangan banyak panas walaupun berada dalam cuaca dingin.


  1. Sebagai pelindung organ tubuh dan peredam benturan

Beberapa organ penting yang ada dalam tubuh kita seperti ginjal merupakan organ yang lembut. Untuk mencegah kerusakan, organ ini dilapisi oleh lapisan lemak. Lapisan lipid yang berada di bawah kulit kita juga dapat meredam benturan, sehingga tubuh tidak cedera. 


  1. Sebagai pelarut vitamin

Vitamin A, D dan E hanya larut dalam lipid sehingga kita membutuhkan lipid untuk dapat menyerap vitamin tersebut secara optimal. 


Lipid yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah lemak dan minyak. Lemak dan minyak adalah komponen utama lipid yang terdapat pada bahan makanan. Tapi, pasti teman-teman pernah berpikir, apa sih bedanya lemak dan minyak? Daripada bingung, yuk kita bahas sama-sama! 


Kalau dilihat dari asalnya, lipid bisa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu lipid nabati dan lipid hewani. Lipid nabati adalah lipid yang dikandung oleh tumbuh-tumbuhan, seperti kacang, alpukat, dan kelapa, sedangkan lipid hewani adalah lemak yang dikandung oleh hewan contohnya daging, telur, dan susu. 


Lipid minyak hewani dan lipid minyak nabati memiliki banyak perbedaan di antaranya, lipid hewani mengandung kolesterol, sedangkan lipid nabati mengandung fitosterol. Dilihat dari kadar asam lemak tidak jenuhnya, kadar lemak tidak jenuh dalam lipid hewani lebih kecil daripada lipid nabati. 


Kadar kejenuhan asam lemak ini berpengaruh langsung terhadap bentuk fisik lipid hewani yang  cenderung berbentuk padat pada suhu kamar, sedangkan lipid nabati cenderung berbentuk cair. 


Nah, lipid hewani yang kita temui pada hewan ini yang sering kita sebut sebagai lemak, sedangkan lipid nabati dari tumbuhan kita sebut sebagai minyak. 


Tapi, kalau minyak tumbuhan yang sudah diolah menjadi padat, masih bisa disebut sebagai minyak atau malah jadi lemak ya? Hm … pertanyaan yang bagus. Apakah Sobat Natural punya jawabannya?


Reporter: Salsa

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item