Memiliki Sifat Pemalu? Ini Beberapa Tips Agar Lebih Percaya Diri

  Doc. Shutterstock Sifat pemalu umumnya muncul dari perasaan takut dan tidak nyaman yang disebabkan oleh situasi baru atau di antara orang-...

 

Doc. Shutterstock


Sifat pemalu umumnya muncul dari perasaan takut dan tidak nyaman yang disebabkan oleh situasi baru atau di antara orang-orang asing. Ini adalah perasaan kesadaran diri yang tidak menyenangkan dan ketakutan akan apa yang dipikirkan oleh orang lain. 

Ketakutan ini dapat menghambat kemampuan seseorang untuk melakukan atau mengatakan apa yang mereka inginkan. Oleh sebab itu, kita perlu membekali diri dengan rasa percaya diri. 

Dilansir dari Suara.com, berikut tips agar kita percaya diri kapan saja. 

1. Perhatikan kemampuan diri sendiri

Kita dapat mengetahui kemampuan diri sendiri dengan memperhatikan aktivitas sehari-hari. Terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan, cari tahu titik masalahnya, kemudian temukan solusi yang tepat agar kemampuan terus meningkat. 


2. Jangan takut akan perbedaan

Perbedaan bukan sesuatu yang harus dihindari, melainkan harus ditunjukkan sebagai suatu ciri yang membedakan kita dengan orang lain.

Perbedaan tidak akan membuat kita dikucilkan di dalam masyarakat, karena apa yang anda miliki belum tentu dimiliki oleh orang lain.


3. Fokus pada hal-hal positif

Rasa percaya diri dapat merosot karena rasa cemas yang menyelimuti diri sendiri. Rasa cemas timbul karena terlalu memikirkan apa yang akan dikatakan orang lain.

Jangan biarkan rasa cemas terus-menerus menyelimuti hidup Anda. Buang rasa cemas jauh-jauh, dan fokuslah pada hal-hal yang bersifat positif untuk mendapatkan hasil yang positif pula.


4. Berhenti membandingkan

Setiap orang dilahirkan dengan kemampuan, talenta, dan latar belakang yang berbeda-beda. Berhentilah membanding-bandingkan, untuk menghindari adanya penyesalan yang membuat Anda kurang mensyukuri hikmah dan pemberian Sang Pencipta.


5. Pilih Lingkungan yang Tepat

Bergabung di lingkungan yang diisi oleh orang-orang yang kurang percaya diri dapat menurunkan rasa percaya diri kita. Masuklah ke lingkungan pergaulan yang membuat diri kita semakin berkembang. Jauhi hal-hal negatif yang berasal dari lingkungan sekitar, untuk mempertahankan rasa percaya diri yang telah terbangun sejak awal.


6. Berpenampilan yang Bagus

Penampilan secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Tidak hanya dalam tata rias, tapi juga dalam hal berpakaian.

Tidak perlu mewah dan mahal, yang penting pakaian tersebut nyaman digunakan. Lengkapi dengan aksesori dan polesan make up yang sesuai agar penampilan terlihat maksimal.


7. Raih sebuah keberhasilan

Pernah merasa malu dengan diri sendiri? Malu terhadap diri sendiri justru membuat kita semakin terpuruk dan sulit berkembang.

Perlu diingat, kita memiliki kemampuan dan talenta sejak lahir. Mengapa tidak memanfaatkan kemampuan dan talenta tersebut untuk mencapai suatu keberhasilan yang membawa perubahan bagi diri sendiri dan orang lain?

Keberhasilan yang kita dapatkan akan memberi kebahagiaan tersendiri bagi diri kita. Sesulit apa pun proses untuk mencapai suatu keberhasilan, kita harus selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk mencapai keberhasilan tersebut. 

Jangan pernah menyepelekan sesuatu yang ada dalam diri, baik itu kemampuan, bakat, ataupun hobi. Jika dibarengi dengan rasa percaya diri, kemampuan kecil yang sering diremehkan justru dapat membawa kita ke gerbang kesuksesan. Langkah selanjutnya adalah membuktikan kepada dunia, jika kita adalah seorang pemenang dan pantas dipanggil sebagai pemenang.


Reporter: Arif 


Related

Tips-tips 6884243855338533596

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item