Implementasi Teknologi 5G

Cepat atau lambat kita akan memasuki era di mana teknologi 5G akan mendominasi. Teknologi 5G menawarkan banyak sekali manfaat hampir di sem...


Cepat atau lambat kita akan memasuki era di mana teknologi 5G akan mendominasi. Teknologi 5G menawarkan banyak sekali manfaat hampir di semua aspek kehidupan manusia. Jika dibandingkan dengan teknologi 4G yang sedang digunakan sekarang, teknologi 5G memiliki banyak keunggulan.


Berbagai sumber mengatakan, jaringan 5G mampu mentransmisikan data 10-100 kali lebih cepat dibandingkan teknologi 4G. Dengan kata lain, dengan adanya teknologi 5G, semua aktivitas yang memerlukan internet dapat berjalan lebih cepat.


Berdasarkan CNN.com, teknologi 5G juga mampu menyediakan konektivitas yang lebih luas berkat bandwidth berkapasitas besar sehingga mampu menghubungkan lebih banyak perangkat secara real time. Pengaplikasian teknologi 5G bisa mentransformasi beberapa teknologi yang sudah ada menjadi lebih canggih.


Berikut adalah beberapa contoh pengaplikasian teknologi 5G:


Operasi bedah jarak jauh

Implementasi teknologi 5G yang pertama dapat dilihat pada bidang kedokteran. China adalah salah satu negara yang berhasil memanfaatkan tekonologi 5G yaitu dengan melakukan operasi bedah otak jarak jauh pertama di dunia. Dikutip Himedik dari Interesting Engineering, ahli bedah dari First Medical Center, Ling Zhipei, melakukan operasi bedah otak untuk menanamkan alat simulasi otak dalam (DBS) di otak pasien Parkinson. Hal tersebut dapat terjadi karena jaringan 5G memiliki latensi rendah. Jaringan 5G dapat mengurangi jeda hingga 2 milidetik antara perangkat yang digunakan dokter dan perangkat di ruang operasi. 


Internet of Things

Internet of things (IoT) merupakan teknologi yang memungkinkan beberapa perangkat saling terhubung, berbagi data, dan dapat diakses dari jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet. Kombinasi antara 5G dan IoT itu dapat menciptakan berbagai kemajuan teknologi, seperti jaringan energi pintar dan meningkatkan kemampuan automasi mesin-mesin pabrik.

 

Virtual reality dan Augmented reality 

Teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) merupakan dua teknologi yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan dunia virtual. Teknologi AR digunakan untuk efek dan filter unik pada kamera smartphone. Sementara, teknologi VR digunakan pada game online. Teknologi 5G dapat membuat aplikasi AR lebih efisien dari segi energi, lebih murah, dan tampilan yang lebih nyata. Kemudian untuk teknologi VR, jaringan 5G yang cepat memungkinkan streaming di dunia virtual dengan resolusi yang sangat tinggi, minim jeda, responsif, dan konsisten.

 

Mobil Otonom

Mobil Otonom adalah mobil tanpa pengemudi. Untuk mewujudkan mobil otonom itu, salah satu fondasi yang dibutuhkan adalah jaringan internet yang cepat dan andal. Karena itu, jaringan 5G bisa dipastikan menjadi salah satu bagian utama dalam pengembangannya. Koneksi internet cepat dan stabil yang ditawarkan teknologi 5G akan dibutuhkan agar mobil otonom bisa berfungsi sebagaimana mestinya.



Reporter: Sofalina Nodra

 

 

Sumber: https://tekno.kompas.com/read/2021/02/01/19470027/dari-virtual-reality-hingga-mobil-pintar-berikut-implementasi-keren-dari 

Sumber foto: http://www.rohmat.net/2019/09/teknologi-5g-yang-semakin-menambah.html


Related

Teknologi 3808358243793529612

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item